GridKids.id - Kids, apakah kamu tahu cara memindahkan tabel microsoft Word ke Microsoft Excel?
Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata, sedangkan Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka.
Berikut cara memindahkan tabel Microsoft Word ke format Excel tanpa bantuan aplikasi.
Meski merupakan aplikasi yang mengolah data berbeda, ada cara yang mudah untuk memindah data dari tabel Word ke tabel Excel tanpa perlu mengetik ulang data yang ada secara manual.
Biasanya banyak orang memanfaatkan Microsoft Excel untuk mengolah data berupa kata-kata dan angka.
Namun, Microsoft Word juga memiliki fitur table untuk membuat tabel di lembar dokumen kosong (blank document) Microsoft Word.
Data yang disusun pada tabel Microsoft Word biasanya enggak disengaja untuk diolah dan dimanipulasi lebih lanjut.
Data hanya disajikan dalam bentuk tabular dalam dokumen atau bisa juga sebagai tabel terpisah sebagai lampiran dokumen.
Banyak pengguna Microsoft Office lebih memilih untuk membuat tabel Microsoft Excel karena lebih mudah dan praktis.
Sedangkan pada Microsoft Excel memiliki fitur Autoformat yang membantu memformat tabel dan data dengan lebih praktis dan efisien.
Pada aplikasi Microsoft Word fitur-fitur untuk mengolah data dengan tabel jauh lebih terbatas, kurang efisien, dan ada risiko kurang presisi karena dikerjakan dengan manual dan cukup sederhana.
Baca Juga: 5 Cara Mudah Menyimpan Workbook pada Aplikasi Microsoft Excel
Lalu, seperti apa cara memindahkan tabel pada Microsoft Word ke tabel Microsoft Excel?
Yuk, simak cara dan langkah-langkah melakukannya di bawah ini, Kids.
Cara Memindahkan Tabel Word ke Tabel Excel
1. Buat Backup file atau dokumen Microsoft Word berisi tabel.
2. Hapus teks pengantar dan objek-objek tambahan lain, seperti gambar, grafik, atau shape dan sisakan tabel dan data-data saja.
Simpan lagi file atau dokumen Microsoft Word yang berisi tabel dengan format Web Page menjadi *.htm;*.html.
3. Klik menu File di backstage Microsoft Word yang muncul, klik Save As lalu klik lagi Browse untuk menyimpan lagi file dokumen Microsoft Word.
4. Akan muncul kotak dialog Save As, pilih drive atau folder penyimpanan, namai file lalu pilih Web Page dengan format *.htm; *.html untuk Save as type dan klik Save.
5. Buka aplikasi Microsoft Excel lalu buka lagi dokumen yang sudah disimpan di format Web Page tadi.
Ketika dibuka dalam Microsoft Excel, tampilan tabel masih akan terlihat enggak sesuai yang diinginkan.
Hal ini karena Gridlines Microsoft Excel enggak muncul dan data-data dalam tabel akan tertutupi karena ukuran font yang lebih besar daripada tinggi barisannya.
6. Untuk membenahinya, klik tab View di kelompok Show beri tanda centang (check box) Gridlines.
Baca Juga: Rumus Microsoft Excel: Cara Penggunaan Rumus MIN dengan Benar
7. Untuk menampilkan data-data tabel yang tertutupi, perlu sesuaikan tinggi baris (row height) Microsoft Excel.
Beberapa cara bisa dicoba lewat dragging mouse dengan fitur Row Height atau fitur Autofit Row Height.
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.