Find Us On Social Media :

6 Teori Menarik Tentang Keberadaan Sosok Peri dalam Dongeng #MendongenguntukCerdas

Corner #mendongenguntukcerdas kali ini kamu akan diajak untuk mengenal berbagai teori menarik tentang sosok peri. Apa saja ya?

GridKids.id - Kids, jika kamu suka membaca buku dongeng dari berbagai negara kamu pasti sudah enggak asing dengan sosok peri.

Peri atau fairy adalah istilah yang sering kamu temukan dalam cerita rakyat, dongeng, atau legenda yang mengacu pada makhluk dengan kekuatan magis yang sering bersinggungan dengan manusia.

Pada masa lampau, istilah peri mengacu pada sosok wanita-wanita jahat yang memiliki kekuatan sihir.

Peri juga sering disebut dengan elf, di Inggris istilah elf berasal dari kata elvish yang sudah populer sejak sebelum 1000 Masehi.

Elvish merupakan bangsa peri yang dipercaya berasal dari golongan ras yang punya kesaktian yang enggak dimiliki oleh manusia.

Jika ditarik dari akar kata Indo-Eropa, elvish juga bisa dikaitkan dengan albiz yang dipercaya merupakan turunan dari kata albho yang berarti putih.

Kosa kata ini lalu menjadi populer dan banyak digunakan di antara orang-orang berkulit putih bahkan hingga saat ini.

Nama-nama yang berakar dari kata albiz itu digunakan hingga saat ini, misalnya: Ælfræd (Alfred: Penasehat-peri), Ælfwine (Alvin: Teman-peri), hingga Ælfric (Eldrige: pemerintah-peri).

Dalam kepercayaan orang Irlandia, peri dipercaya sebagai orang kerdil dengan kekuatan yang besar dan penuh wibawa.

Bagi mereka, peri adalah asal mula dari keturunan bangsa Irlandia yang dikenal dengan Tuatha de Danaan yang lebih populer disebut sebagai Daoine Sidhe atau Shee.

Lalu, apa saja sih teori-teori menarik tentang keberadaan dari peri yang sering disebut-sebut dalam dongeng?

Baca Juga: Peri Gigi, Penghibur Anak-Anak yang Kehilangan Gigi Susu Pertamanya #MendongenguntukCerdas