Find Us On Social Media :

Sejarah Tari Tor Tor, Pentas Tari Tradisional Khas Suku Batak Toba

Tari Tor Tor adalah tarian tradisional khas suku Batak Toba dari Sumatera Utara.

GridKids.id - Indonesia dikenal memiliki berbagai kebudayaan daerah yang khas dan unik, salah satunya adalah tari tradisional.

Tiap daerah di Indonesia memiliki tari tradisional sendiri, salah satunya adalah tari Tor Tor.

Tari Tor Tor adalah sebuah tarian tradisional daerah khas dari Provinsi Sumatera Utara.

Tari Tor Tor yang berasal dari daerah Batak Toba ini merupakan tarian perayaan yang sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu.

Tarian ini awalnya merupakan tari ritual yang dianggap sakral dan dipentaskan pada upacara kematian, upacara kesembuhan, dan lain sebagainya.

Namun, sejak mulai masuk dan berkembangnya pengaruh budaya Hindu-Buddha, tari Tor Tor mendapat pengaruh dan berkembang lebih dari sekedar tarian upacara.

Tari Tor Tor mulai dipentaskan sebagai hiburan masyarakat Batak, dengan beberapa perubahan dan modifikasi pada kostum penarinya.

Tarian Tor Tor dipentaskan dengan iringan musik gondang yang akan membuat suara seperti hentakan kaki penarinya di atas panggung.

Lalu, seperti apa sih sejarah dari Tari Tor Tor yang berasal dari Suku Batak Toba ini? Yuk, simak uraian ceritanya berikut ini.

Baca Juga: 15 Tari Daerah di Indonesia yang Digunakan Sebagai Sarana Upacara Adat

Sejarah Tari Tor Tor

Tari Tor Tor diperkirakan sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu dan awalnya dipentaskan sebagai bentuk tarian persembahan untuk roh leluhur suku Batak masa itu.