Find Us On Social Media :

Jangan Salah, Ini 5 Cara Mengatasi Panic Attack di Tempat Umum

Cara mengatasi panic attack yang bisa membahayakan diri serta orang sekitar.

GridKids.id - Apakah kamu tahu mengatasi serangan panik atau panic attack yang bisa terjadi kapan saja?

Umumnya panic attack terjadi pada orang yang memiliki kecemasan berlebihan, Kids.

Untuk mengatasi panic attack tak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang.

Meski tak mudah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi panic attack.

Selain itu, kamu bisa menghindari sejumlah hal yang bisa memicu atau memperparah keadaan.

Jika kamu melakukan hal yang memperparah keadaan maka bisa membahayakan orang yang terkena panic attack.

Salah satu mengatasi panic attack ialah membawa ke tempat aman.

Namun, mengatasi panic attack bukan hanya itu saja yang bisa dilakukan.

Lantas, apa saja? Yuk, kita cari tahu.

Baca Juga: Rilis Lagu

1. Bawa 'Perangkat Penenang'

Kalau kita menyadari betapa rentannya kita terserang panik di ruang publik, kita dapat mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk dengan membawa 'perangkat penenang' dari rumah.

Perangkat tersebut bisa berupa minyak esensial, kalung atau gelang manik-manik untuk digenggam, tulisan-tulisan yang menguatkan, permen, atau apa saja yang mungkin dapat membantu kita mengatasi rasa panik.

Biasanya peralatan yang dimaksud dapat menenangkan dan membuat kita lebih mudah bernapas, serta tetap terhubung dengan waktu saat ini, Kids.

2. Cari Tempat Aman

Serangan panik dapat membuat kita kehilangan kesadaran dan sulit keluar dari kerumunan atau menghindari sumber pemicu kepanikan.

Sebisa mungkin, paksa diri sendiri untuk bergerak dan mencari tempat yang lebih aman saat terkena serangan panik di tempat umum.

Bawa diri kita untuk pindah ke tempat yang enggak terlalu ramai dan lebih sepi agar kita mendapat lebih banyak ruang dan dapat bernapas lebih lega.

Kita juga bisa menggunakan headphones atau earphones dengan fitur noise cancelling kalau enggak dapat menghindari suara-suara berisik di sekitar kita, setelah itu tarik napas dalam-dalam atau gunakan perangkat penenang yang kita bawa supaya kepanikan mereda.

Baca Juga: 4 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri yang Harus Diwaspadai, Termasuk Serangan Jantung

3. Minta Bantuan

Kadang serangan panik betul-betul melumpuhkan kita sehingga enggak bisa kita tangani sendiri.

Kalau kita menyadari risiko tinggi terserang kepanikan di tempat umum, kita bisa mengajak teman atau orang lain yang kita percaya untuk pergi bersama kita agar kita tahu ke mana harus meminta bantuan saat dibutuhkan.

Tapi kalau kondisinya kita sedang sendirian, enggak apa-apa banget untuk meminta siapa saja di sekitar kita untuk menolong kita, Kids.

Untuk mempermudah diri sendiri dan orang lain yang hendak membantu kita, bisa juga kita menuliskan apa yang bisa dilakukan untuk menenangkan diri kita saat panik pada kartu atau kertas kecil yang kita bawa ke mana-mana.

Kita juga sebaiknya menjelaskan dengan singkat kalau kita memiliki tendensi terkena serangan panik sehingga membutuhkan bantuan dari orang lain.

4. Tenangkan Diri

Kita mungkin terbiasa menenangkan diri sendiri di rumah.

Metode tersebut bisa kita coba lakukan ketika mulai merasakan serangan panik di ruang publik.

Baca Juga: Hadapi Situasi Tak Terduga, 4 Zodiak Ini Paling Gampang Panik, Kamu Termasuk?

Atur napas pelan-pelan atau gunakan aplikasi di ponsel yang dapat membantu kita melakukannya, bernapas melalui diafragma, bawa diri sendiri ke masa kini, dan ulangi seluruh metode menenangkan diri tersebut sampai kita merasa lebih baik.

5. Diam di Tempat

Terkadang memaksakan diri untuk pulang ke rumah di tengah serangan panik bukan hal yang tepat, karena kita enggak tahu apa yang bakal terjadi selama perjalanan, Kids.

Kalau kondisi kita enggak memungkinkan untuk beranjak ke mana-mana, tetaplah diam di lokasi kita saat itu dan lakukan penanganan darurat.

Misalnya dengan minum air dingin, makan camilan untuk mengembalikan gula darah, berjalan sesantai mungkin, dan membaca atau menggambar.

Yang terpenting adalah membuat diri kita jadi lebih tenang dan bisa kembali bernapas normal supaya kepanikan mereda.

Penulis: Salsabila Putri Pertiw

 

-----

Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia