Find Us On Social Media :

Operasi Trikora: Proses Pembebasan Irian Barat, Sejarah Kelas 9 SMP

Monumen Pembebasan Irian Barat adalah monumen bersejarah yang menandai peristiwa bersejarah mempertahan kedaulatan NKRI.

GridKids.id - Kids, apakah yang kamu ketahui operasi Trikora?

Operasi Trikora merupakan sebuah operasi militer Indonesia yang dijalankan untuk merebut wilayah Irian Barat dari Belanda.

Operasi Trikora dimulai pada 19 Desember 1961 hingga 15 Agustus 1962.

Latar belakang dari terjadinya operasi militer ini diawali sejak peristiwa Konferensi Meja Bundar yang berlaku pada 27 Desember 1949.

Salah satu hasil dari diplomasi Indonesia-Belanda itu menyinggung tentang pembahasan lebih lanjut mengenai nasib Irian Barat dalam jangka satu tahun setelahnya.

Namun hingga lebih dari satu dasawarsa permasalahan Irian Barat masih belum menemukan titik terang.

Tri Komando Rakyat (Trikora) berisi tiga tuntutan, yaitu: (1) Gagalkan pembentukan negara Papua; (2) Kibarkan bendera Merah Putih di Irian Barat; (3) Bersiap untuk mobilisasi umum untuk mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air dan bangsa.

Ketika Presiden Soekarno mengeluarkan Trikora pada 19 Desember 1961 menandai bahwa Indonesia sudah meninggalkan usaha diplomasi dengan pihak Belanda.

Seperti apakah proses persiapan Indonesia menjelang konfrontasi dengan pihak Belanda? Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang dan Hasilnya, IPS Kelas 9 SMP

Proses Pembebasan Irian Barat

Indonesia berusaha mencari bantuan senjata dari luar negeri, yaitu dari Uni Soviet melalui perjanjian jual-beli senjata seharga 2,5 miliar.