Find Us On Social Media :

5 Pertempuran Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, IPS Kelas 9 SMP

Pertempuran untuk mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan pasca proklamasi terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

GridKids.id - Kids, perjuangan bangsa Indonesia pasca deklarasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 terus berlanjut.

Setelah berhasil memeroleh kemerdekaannya, segenap bangsa Indonesia memiliki tugas yang enggak kalah penting yaitu mempertahankan kemerdekaannya.

Pada awalnya masih banyak pihak yang belum bisa sepenuhnya menerima fakta bahwa Indonesia sudah mengumumkan kemerdekaan dan kedaulatannya.

Hal ini memicu pergolakan antara kelompok bumiputera dengan Belanda dan sekutunya.

Pasca Jepang kalah dan Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya, Belanda dan tentara sekutu berupaya untuk mengambil alih daerah-daerah kekuasaan Jepang di Indonesia.

Upaya perebutan wilayah ini sudah dimulai sekitar satu bulan pasca deklarasi kemerdekaan Indonesia, yaitu pada 29 September 1945.

Allied Forces Netherland East Indies (AFNEI) mendarat di pelabuhan Tanjung Priok dibawah komando Letjen Sir Philip Christison.

Kedatangan AFNEI ke Indonesia adalah untuk menerima penyerahan kekuasaan dari Jepang, melucuti dan memulangkan tentara Jepang, dan membebaskan tentara sekutu yang ditawan oleh pasukan Jepang.

Lalu, apa sajakah pertempuran yang terjadi antara rakyat Indonesia dengan pihak Belanda-Sekutu dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia?

Baca Juga: Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan, Materi PPKN Kelas 7

Pertempuran-Pertempuran Mempertahankan Kemerdekaan