Find Us On Social Media :

Apakah yang Bisa Membuat Seseorang Tertular Cacar Monyet? Ini Penjelasan Ahli

Cacar monyet atau monkeypox di negara endemiknya yaitu Afrika banyak menyerang anak-anak yang antibodi tubuhnya masih lemah.

GridKids.id - Kids, masih ingatkah kamu tentang artikel GridKids yang membahas tentang fenomena zoonosis?

Sedikit mengingatkanmu, zoonosis merupakan jenis penyakit yang ditularkan dari hewan yang terinfeksi virus kepada manusia.

Salah satu jenis zoonosis yang sedang disoroti dunia beberapa waktu ini adalah monkeypox atau cacar monyet.

Menurut situs kemkes.go.id, monkeypox pertama ditemukan pada 1958 di Denmark, ketika ada dua kasus seperti cacar yang muncul pada koloni kera yang dipelihara sebagai objek penelitian.

Inilah kenapa virus ini lalu dinamai dengan monkeypox atau cacar monyet. Virus ini merupakan anggota genus Orthopoxvirus yaitu masih keluarga dengan Poxviridae.

Di negara endemiknya yaitu di Afrika (bagian Timur dan Tengah), virus ini ditemukan pada hewan seperti monyet dan hewan-hewan pengerat seperti tikus dan tupai. Inang utama dari virus ini berasal dari rodentia atau tikus.

Hewan-hewan yang terinfeksi virus lalu dikonsumsi oleh manusia, setelah itu penularan terjadi dari manusia ke manusia lewat berbagai cara, misalnya sentuhan hingga droplets (air liur).

Nah, kali ini GridKids berkesempatan untuk mewawancarai Dr. Anggraini Alam, SpA(K), Ketua UKK Infeksi dan Penyakit Tropis Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pada Senin (13/06/2022).

Yuk, simak penjelasan lebih lanjut tentang virus monkeypox dan penularannya bersama dengan Dr. Anggi berikut ini.

Baca Juga: Sudah Menyebar di 29 Negara, CDC Mengimbau Lakukan Hal Ini untuk Cegah Cacar Monyet

Potensi Virus Monkeypox di Indonesia