Find Us On Social Media :

Jadi Sorotan, Seperti Apa Kondisi Batuan Candi Borobudur Saat Ini?

Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, merupakan salah satu Cagar Budaya yang juga merupakan tempat ibadah umat Buddha.

GridKids.id - Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan bersejarah era Buddha di nusantara.

Candi yang berukuran sangat megah ini terletak di kota Magelang, Jawa Tengah.

Material pembentuk candi terbuat dari batuan andesit yang terbagi jadi tiga dhatu (ranah), yaitu kamadhatu (tingkatan dasar), rupadhatu (tingkatan kedua atau tengah), dan arupadhatu (tingkat paling atas).

Borobudur beberapa hari menjadi sorotan dan perbincangan masyarakat terkait wacana pemerintah yang menyatakan tentang kenaikan tarif wisata Borobudur sebesar Rp 750.000,00.

Wacana ini muncul dan menimbulkan reaksi dari berbagai pihak, khususnya masyarakat lokal yang merasa jumlah tersebut sangat besar.

Wacana tersebut disampaikan berkaitan dengan kondisi situs candi yang dipantau kini sudah mengalami kondisi keausan batu dan terdapat beberapa kerusakan pada reliefnya.

Anda juga bisa menjadikan VW Safari Borobudur sebagai salah satu pilihan liburan anda.

Wacana kenaikan tarif wisata Candi Borobudur tersebut dimaksudkan agar bisa membatasi jumlah pengunjung yang naik ke kawasan candi yang juga jadi tempat ibadah umat Buddha ini.

Dengan terbatasnya jumlah pengunjung yang naik ke atas candi diharapkan bisa membantu menjaga kelestarian situs bersejarah ini.

Lalu, seperti apa penjelasan ahli tentang kondisi Candi Borobudur saat ini?

Baca Juga: Tiket Naik Borobudur Seharga Rp 750.000, Ini Daftar Harga Masuk Sejumlah Candi di Dunia

Keausan Batu Penyusun Candi Borobudur