Find Us On Social Media :

Menyajikan Informasi Penting pada Teks "Petani Milenial yang Sukses Harumkan Kopi Indonesia', Kelas 6 SD

Menyajikan informasi penting pada teks

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini, kamu akan belajar tentang menyajikan informasi penting di dalam bentuk ulasan.

Pada setiap paragraf, kita dapat menemukan informasi penting di dalammya.

Namun untuk menemukannya, kita harus membaca isi teksnya secara keseluruhan agar dapat menemukan gagasan pokok.

Karena hal ini penting dan jadi inti dari sebuah teks. Kita juga perlu membaca judulnya agar bisa mendapatkan gambaran secara umum.

Agar dapat mengetahuinya lebih lanjut, bacalah teks di bawah ini secara saksama dan kerjakan soalnya!

Petani Milenial yang Sukses Harumkan Kopi Indonesia 

Heri Tahan Muji merupakan salah satu petani kopi milenial yang berasal dari Desa Sekarmojo, Pasuruan, Jawa Timur. Heri bersama dengan kelompok tani Candi Mulyo mulai menanam kopi pada tahun 2002 di tanah seluas satu hektar. Pada awalnya, Heri dan kelompok taninya hanya menjual kopi dalam bentuk coffee cherry atau dalam bentuk buah kepada tengkulak dengan harga yang murah. Pada saat itu, harga buah kopi robusta per kilogramnya hanya dihargai Rp5.000,00. Sementara itu, harga buah kopi arabika per kilogramnya hanya dihargai Rp8.000,00. Hal ini dikarenakan pada saat itu mereka belum memiliki pengetahuan dan peralatan yang memadai untuk mengolah kopi pascapanen. 

Heri dan kelompok tani Candi Mulyo terus belajar dan bekerja keras untuk mengembangkan usahanya tersebut. Mereka rajin mengikuti pelatihan yang diberikan oleh Ditjen perkebunan. Tidak hanya itu, kepalai Balai Besar Pembenihan dan Proteksi Tanaman perkebunan (BBPPTP), Kresno Suharto, menjelaskan bahwa kelompok tani Candi Mulyo juga bergabung untuk mengikuti berbagai pelatihan dan sertifikasi sejak tahun 2018. Pelatihan dan sertifikasi yang dilakukan mulai dari budi daya, pengendalian hama, proses pascapanen, hingga proses pemasaran hasil perkebunan. 

Perlahan tapi pasti, usaha Heri dan kelompok tani Candi Mulyo membuahkan hasil. Kini, mereka sudah dapat menghasilkan berbagai jenis olahan kopi. Olahan kopi yang dihasilkan mulai dari natural, semi-wash, full-wash, wine, hingga honey dari kopi robusta dan arabika. Olahan kopi tersebut tentunya menghasilkan cita rasa kopi yang lebih enak dan nikmat. 

 Baca Juga: 4 Contoh Kegiatan Ekonomi pada Penduduk di Dataran Tinggi dan Pegunungan, Kelas 6 SD

Heri dan kelompok tani Candi Mulyo lalu mengembangkan usaha mereka dengan memberi napa kopi buatannya “Kopi Lesung Arjuno”. Dalam satu bulan, “Kopi Lesung Arjuno” dapat terjual hingga 2.500 kilogram dengan omzet rata-rata per bulannya mencapai Rp100.000.000,00. Selain itu, Heri juga membuka lapangan pekerjaan baru bagi ibu-ibu dan pemuda yang ada di sekitarnya untuk membantu proses pengolahan pascapanen. Perkebunan kopi milik Heri yang semula hanya seluas satu hektar, sekarang sudah berkembang menjadi 15 hektar.