Find Us On Social Media :

6 Manfaat Konsumsi Cengkeh, Rempah Nusantara yang Kaya Antibakteri

Cengkeh merupakan salah satu rempah-rempah yang populer di Indonesia.

GridKids.id - Indonesia dikenal memiliki beragam jenis rempah-rempah, salah satunya adalah cengkeh.

Rempah yang punya nama latin Syzygium aromaticum ini diketahui sering digunakan untuk pembuatan makanan dan minuman herbal.

Meski memiliki ukuran yang mini, kandungan dalam satu sendok teh cengkeh mengandung energi sebesar 21 kalori, 1 gram karbohidrat, dan 1 gram serat.

Satu sendok teh cengkeh juga bisa memenuhi 30% kebutuhan mangan, 4% vitamin K, dan 3% vitamin C dari kebutuhan harian tubuh.

Berbagai kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh dalam cengkeh memiliki kandungan yang mendukung kesehatan tubuhmu, seperti misalnya:

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengendalikan gula darah

Kandungan dari efek ekstrak cengkeh dan nigericin ditemukan dapat membantu meningkatkan penyerapan gula dari darah ke sel.

Hal ini lalu akan meningkatkan sekresi insulin dan meningkatkan fungsi sel-sel yang menghasilkan insulin, yang bisa membantu menjaga kadar gula darah.

Baca Juga: Jadi Sasaran Penyakit Jantung Hingga Diabetes, Berikut Ciri Tubuh yang Kelebihan Gula Darah

2. Meningkatkan kesehatan hati

Kandungan eugenol dalam cengkeh bisa membantu meningkatkan kesehatan hati.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada seseorang yang mengonsumsi suplemen eugenol selama seminggu bisa menurunkan kadar GST, enzim yang sering menjadi tanda penyakit hati.

Namun, perlu diingat untuk enggak mengonsumsi eugenol dalam dosis tinggi karena bisa berubah menjadi racun bagi hati.

Sebuah studi kasus menunjukkan bahwa dosis 5-10 ml minyak cengkeh pada anak-anak bisa menyebabkan kerusakan hati yang serius.

3. Membunuh bakteri penyebab penyakit

Kandungan antibakteri yang terdapat dalam cengkeh bisa menghentikan infeksi.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak essensial cengkeh efektif untuk membunuh bakteri E.Coli yang bisa menjadi penyebab kram perut, diare, hingga kelelahan.

Selain itu, cengkeh bisa membantu menjaga kesehatan mulut dengan menghentikan pertumbuhan dua jenis bakteri yang bisa menyebabkan plak gigi dan penyakit gusi.

Baca Juga: Dijadikan Obat Herbal Hingga Jadi Pewangi, Ini Manfaat Cengkeh yang Enggak Main-Main

4. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan mangan dalam cengkeh bisa membantu proses pembentukan tulang yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

5. Mengobati maag

Minyak essensial cengkeh terbukti bisa meningkatkan produksi lendir lambung yang berfungsi sebagai penghalang efek asam lambung.

Kandungan minyak ini sekaligus bisa mencegah erosi pada dinding lambung karena meningkatnya cairan asam lambung.

6. Mengurangi Sakit Gigi

Minyak cengkeh memiliki kandungan senyawa eugenol dalam cengkeh bisa mengurangi bengkak dan iritasi di sekitar gigi juga gusi. Cengkeh juga kaya efek antioksidan, antikuman, dan antijamur sehingga baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Inilah kenapa banyak ditemukan obat kumur yang mengandung ekstrak cengkeh di dalamnya.

Ternyata rempah yang berukuran kecil punya manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasanmu tentang ragam rempah-rempah nusantara, ya, Kids!

 

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.