Find Us On Social Media :

Ampuh Turunkan Kolesterol hanya dengan 5 Jenis Makanan Ini, Apa Saja?

Apel makanan mengandung karbohidrat yang baik turunkan kolesterol.

GridKids.id - Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat ternyata ada yang bisa turunkan kolesterol di tubuh.

Karbohidrat sendiri terbagi ke dalam dua kategori, yaitu karbohidrat kompleks dan sederhana.

Karbohidrat kompleks ini penuh dengan nutrisi dan serat serta bebas gula.

Sedangkan, karbohidrat sederhana sering terdapat dalam makanan yang banyak diproses seperti kue, permen, roti serta makanan tambahan gula lainnya.Penelitian juga menunjukkan bahwa makan makanan yang rendah karbohidrat juga bisa bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Sejumlah karbohidrat yang baik dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.Apa saja itu? Yuk, simak sejumlah makanan berkarbohidrat yang baik untuk menurunkan kolesterol.1. ApelApel merupakan sumber alami berbagai polifenol dan serat yang juga dapat mendukung kesehatan jantung.Baca Juga: 4 Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan, Apa Saja?

Apel juga bebas natrium dan bebas lemak jenuh serta menawarkan rasa manis alami.Nutrisi di dalamnya terdapat pektin yang juga ampuh mencegah kolesterol diserap ke dalam aliran darah.2. Buah Beri

Buah beri ternyata juga dapat mengelola kolesterol dalam darah.Makan buah beri secara konsisten dapat bermanfaat menurubkan kolesterol total dan LDL serta meningkatkan kolesterol HDL.Buah ini mengandung serat, vitamin, antioksidan, dan nutrisi lain yang dapat menjaga kesehatan.3. Buah Plum

Penelitian menunjukkan bahwa makan buah plum sebanyak 5/6 setiap harinya selama 6 bulan dapat memberi hasil yang baik bagi kesehatan kardiovaskular dan juga meningkatkan koleseterol baik.

Selain itu, mengonsumsi buah plum juga dapat menurunkan kadar kolesterol total.

Baca Juga: Bahaya untuk Penyandang Diabetes, Ternyata Buah-Buahan Ini Memiliki Kadar Gula yang Tinggi

4. KentangKentang menjadi salah satu sayuran yang mengandung karbohidrat.Setiap porsinya, kentang dapat memberi bahan bakar pada tubuh dan serat larut.Serat larut ini dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah yang bermanfaat menurunkan kolesterol.

Kentang ungu dapat menurunkan kolesterol tambahan karena mengandung antosianin.Antosianin merupakan flavonoid dari grup besar senyawa polifenol dalam tumbuhan yang memberikan warna ungu pada tumbuhan.5. KacangKacang enggak hanya menyediakan karbohidrat penopang energi, tetapi juga menyediakan protein nabati, serat, antioksidan dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan jantung.Dalam sebuah studi menyimpulkan bahwa memakan 180 gram kacang kaleng setiap hari selama 4 minggu dapat menurunkan kolesterol total dan LDL pada orang dewasa.