Find Us On Social Media :

Apa Dampak Negara Laos yang Tak Memiliki Wilayah Perairan? Kelas 6 SD

Kondisi geografis dan kehidupan sosial budaya masyarakat di negara Laos, materi kelas 6 SD tema 8.

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8 kali ini, kita akan membahas tentang kondisi geografis dan kehidupan sosial budaya masyarakat Asia Tenggara.

Namun sebelum mengerjakan soalnya, kamu diminta untuk membaca isi materinya secara saksama.

Laos adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang tergabung di dalam organisasi ASEAN.

Kenampakan alamnya sendiri berupa daratan yang memiliki rawa-rawa serta berbukit.

Laos menjadi salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang enggak memiliki wilayah perairan.

Agar kamu dapat lebih memahami isi materinya, yuk, kita baca teks bacaan di bawah ini!

Negara Laos

Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki perairan. Seluruh daerah di Laos memang hanya terdiri atas daratan saja. Hal ini membuat Laos tidak memiliki hubungan dengan jalur perairan dunia. Posisi Laos dikelilingi lima negara besar. Hal ini membuat Laos terimpit serta tidak memiliki jalur ke perairan sama sekali. Lima negara yang mengelilingi Laos, antara lain negara Kamboja, Republik Rakyat Cina (RRC), Myanmar (wilayah Burma), Thailand, serta Vietnam. 

Tidak memiliki perairan tentunya berdampak pada sisi perekonomian masyarakat Laos, khususnya pada kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan perairan. Keadaan ini dianggap merugikan karena terputus dari sumber daya laut. Contohnya adalah aktivitas penangkapan ikan. Selain itu, keadaan ini juga dianggap merugikan karena membuat suatu negara tidak memiliki akses ke jalur perdagangan lintas laut. Perdagangan ini merupakan salah satu indikator terbesar dalam perdagangan internasional.

Baca Juga: Mengapa Manusia Tidak Boleh Melihat Gerhana Matahari Secara Langsung? Kelas 6 SD

Namun, saat ini pemerintah negara Laos bertekad untuk mengubah kerugian ini menjadi sebuah keuntungan. Negara Laos akan menjadi jembatan darat yang menyediakan berbagai rute transportasi darat ke berbagai negara. Contoh upaya tersebut adalah dengan perbaikan jalan serta pembuatan jalur kereta api antara Laos dengan negara tetangganya.