Find Us On Social Media :

Unik dan Tak Biasa, Begini Cara Kerja Sistem Pencernaan Burung Pemakan Bangkai

Burung pemakan bangkai disebut juga sebagai burung pemulung sampah karena makan daging hewan busuk yang mengandung bakteri berbahaya.

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu mendengar tentang burung pemakan bangkai? Burung ini dikenal dengan burung nasar atau burung hering.

Burung pemakan bangkai hewan-hewan yang sudah mati ini biasanya menyantap daging-daging busuk yang bisa menjadi ancaman kesehatan bagi manusia atau hewan lainnya.

Burung bangkai terbagi jadi dua jenis, yaitu burung bangkai dunia lama dan burung bangkai dunia baru.

Keduanya sama-sama makan daging hewan yang mati yang membusuk tapi punya nama berbeda karena berasal dari keluarga atau famili yang berbeda.

Burung bangkai dunia lama yaitu cinereous dan burung bangkai berjanggut merupakan sepupu dari burung predator seperti rajawali dan elang.

Sedangkan burung bangkai dunia baru seperti burung bangkai hitam dan burung bangkai kalkun, masih satu kerabat dengan burung bangau.

Para peneliti bahkan menyebut burung ini memiliki usus yang paling kuat di muka bumi.

Dalam usus burung nasar Amerika Utara terkandung asam yang sangat kuat dan dipenuhi dengan dua jenis bakteri jahat.

Sedangkan pada burung nasar hitam dan nasar kalkun, kemampuan ususnya bisa menghalau potensi penyakit yang disebabkan oleh mikroba yang hidup pada bangkai-bangkai hewan yang mereka santap.

Baca Juga: Bisa Terbang Tanpa Mengepakkan Sayap, Begini Karakteristik dan Perilaku Burung Kondor dari Pegunungan Andes

Sistem Pencernaan Burung Bangkai