Find Us On Social Media :

Selain Mudah Lelah, Kenali 4 Tanda Fungsi Ginjal Terganggu yang Perlu Diwaspadai

Tanda Fungsi Ginjal Terganggu

 

GridKids.id - Kids, seperti yang kita tahu bahwa ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang harus kita jaga.

Ginjal berfungsi untuk menyaring air ekstra dan limbah dari dalam darah. Saat fungsi ginjal terganggu, semua racun di dalam tubuh akan kembali dilairkan ke dalam darah. Yang pada akhirnya, semua sistem di tubuh akan jadi bermasalah. Hal ini akan semakin tinggi risikonya saat seseorang mengalami diabetes atau tekanan darah tinggi. Agar masalah ini enggak menimbulkan komplikasi yang serius, kamu perlu mengetahui beberapa tanda awalnya. Tanda Umum Fungsi Ginjal yang Terganggu Berikut adalah beberapa tanda umum fungsi ginjal terganggu, yaitu: 1. Sulit tidurBaca Juga: Bukan Hanya Garam, 5 Jenis Makanan Ini Jadi Biang Kerok Penyakit Batu Ginjal

Saat ginjal enggak menyaring kotoran dengan baik, racun di akan tetap berada di dalam darah yang dapat membuat seseorang sulit untuk tidur.

Enggak hanya itu saja, sleep apnea juga akan sering terjadi bagi yang mengalami ginjal kronis. 2. Sering buang air kecil Saat kamu merasa ingin buang air kecil yang lebih sering, ini bisa menjadi tanda awal adanya penyakit ginjal. Saat filter ginjal rusak, akan menyebabkan peningkatan keinginan seseorang untuk terus buang air kecil. Hal ini juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih pada laki-laki atau biasa disebut dengan penyakit prostat. 3. Darah pada urin Ginjal yang sehat biasanya akan menjaga sel-sel dalam tubuh saat menyaring limbah dari darah untuk membuat urin. Namun jika filter ginjal telah rusak, maka sel-sel darah ini dapat bocor dan masuk ke dalam urin.Baca Juga: Jangan Sampai Menyesal dan Kena Komplikasi, Penyandang Ginjal Perlu Menjaga Kesehatan dengan 5 Olahraga Ini

Enggak hanya penyakit ginjal saja, darah dalam urin juga dapat menjadi tanda indikasi tumor, batu ginjal, maupun infeksi. 4. Merasa mudah lelah dan sulit berkonsentrasi Menurunnya fungsi ginjal dapat memicu adanya penumpukan racun dan kotoran dalam darah kita. Hal inilah yang dapat menyebabkan orang jadi merasa lelah, lemah serta membuatnya sulit untuk berkonsentrasi.

Komplikasi lain dari penyakit ginjal adalah anemia yang bisa membuatmu jadi mudah lelah. Nah, itu dia 4 tanda bahwa fungsi ginjalmu terganggu yang perlu diwaspadai sejak dini, salah satunya mudah lelah.

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.