Find Us On Social Media :

Bantu Jaga Berat Badan, Berikut 5 Manfaat Rutin Konsumsi Kacang Almond yang Kaya Serat

Kacang almond adalah pilihan camilan sehat yang baik dikonsumsi oleh orang yang ingin menjaga berat badannya.

GridKids.id - Salah satu kacang-kacangan yang punya cita rasa gurih dan sering dijadikan camilan sehat adalah kacang almond.

Almond yang punya nama latin Prunus dulcis ini sebenarnya bukan kacang, tapi merupakan buah yang berbiji dengan kulit luar dan cangkang yang keras.

Tapi, karena bentuknya banyak orang yang mengkategorikan almond sebagai kacang. Di Indonesia sendiri kacang almond juga dikenal dengan nama kacang badam.

Menurut U.S. Department of Agriculture, 100 gr almond memiliki komposisi gizi, seperti energi, protein, karbohidrat, serat, lemak, magnesium, kalsium, dan mangan.

Selain itu, almond juga mengandung vitamin E dan B kompleks seperti riboflavin, niasin, dan tiamin.

Selain itu, almond juga mengandung asam fitat yang bisa mengikat mineral yang enggak bisa terserap tubuh seperti besi, seng, dan kalsium.

Jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat, almond bisa membawa manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menyehatkan Jantung

Almond bisa meningkatkan kadar antioksidan di pembuluh darah yang punya manfaat untuk mengurangi tekanan darah dan bisa melancarkan aliran darah.

Baca Juga: Jangan Lewatkan, Ini 5 Manfaat Konsumsi Kacang Pistachio untuk Tubuh

Tekanan darah yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sebuah studi yang dimuat dalam Jurnal Nutrient menganjurkan konsumsi almond sebesar 45 gram untuk mendapatkan khasiat terbaiknya untuk kesehatan jantung.

Kandungan lemak baik dalam almond bisa berkurang jika almond diletakkan sembarangan di suhu kamar dan terpapar banyak oksigen. Jadi, perlu menyimpan almond dengan benar, ya.

2. Mengurangi risiko kanker

Kandungan antioksidan yang melimpah pada kacang almond, selain itu kandungan vitamin E dan tocopherol yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel karena adanya tekanan oksidatif.

Kerusakan sel ini disebabkan karena adanya radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh atau pengaruh dari luar. Pertumbuhan sel-sel berbahaya bisa memicu seseorang terkena kanker.

3. Menjaga kesehatan tulang

Almond mengandung protein dan berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, dan vitamin K. Beberapa kandungan itu dianggap bisa menambah kepadatan tulang seseorang.

 

Baca Juga: Hanya Konsumsi Hazelnut Dapat Datangkan Hal Baik Ini, Salah Satunya Turunkan Gula Darah

4. Menjaga berat badan

Kacang almond sering dianggap sebagai camilan bergizi yang baik untuk mengontrol berat badan.

Almond mengandung karbohidrat yang rendah, tapi tinggi protein, lemak enggak jenuh, dan serat.

Kacang almond bisa dijadikan camilan yang bisa membuat seseorang menjadi kenyang lebih lama sehingga mengurangi asupan kalori tambahan.

Almond bisa menurunkan berat badan karena bia menggantikan camilan lain yang memiliki kandungan kalori lebih tinggi, tapi tetap memperoleh nutrisi yang cukup.

5. Kaya Kandungan Nutrisi untuk Tubuh

Almond mengandung sejumlah nutrisi penting untuk tubuh. Takaran saji yang disarankan adalah 1 ons/hari.

Dalam takaran 1 ons almond (28 gram) mengandung sekitar 3,5 gr serat, 6 gr protein, 14 gr lemak, 37% vitamin E, 20 % magnesium, dan 32% mangan dari asupan yang disarankan, vitamin B2, dan kandungan fosfor.

Itulah lima manfaat yang bisa didapatkan jika mengonsumsi kacang almond.

Enggak hanya baik untuk kesehatan tapi kandungan nutrisi yang terdapat dalam kacang almond juga baik untuk asupan sehat bagi tubuh.

Setelah mengetahui manfaat dari kacang almond di atas, kamu bisa menjadikannya sebagai referensi camilan sehat sehari-hari.

 

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.