Find Us On Social Media :

Sering Mengonsumsi Makanan Manis Bisa Sebabkan Gigi Berlubang, Begini Penjelasannya #AkuBacaAkuTahu

Makanan manis adalah salah satu kudapan favorit banyak orang, khususnya anak-anak.

GridKids.id - Kids, apakah kalian sering mendengar nasihat untuk enggak terlalu banyak makan makanan manis?

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk menyikat gigimu dengan baik dua kali sehari untuk menghindari masalah kesehatan pada gigimu, salah satunya gigi berlubang.

Gigi berlubang adalah salah satu masalah kesehatan gigi yang sebaiknya segera diatasi karena bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada gigi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi seseorang bisa berlubang, misalnya adanya pertumbuhan bakteri, kebiasaan ngemil, jarang gosok gigi, hingga kebiasaan membersihkan gigi yang kurang tepat.

Lalu, kenapa sih makanan manis bisa menyebabkan gigi jadi berlubang? Yuk, simak uraian lengkap penjelasannya di bawah ini.

Makanan manis bisa menyebabkan gigi berlubang

Gula merupakan salah satu jenis karbohidrat, dan makanan manis memiliki kandungan gula yang tinggi.

Jika seseorang punya kebiasaan makan makanan manis, tapi enggak membersihkan gigi dengan tepat setelah makan makanan manis inilah yang bisa memicu gigi jadi berlubang.

Nah, sisa-sisa makanan manis yang enggak turut dibersihkan dengan benar dari gigi bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri jadi lebih cepat.

Baca Juga: 6 Makanan Lezat Ini Ternyata dapat Menyebabkan Gigi Berlubang, Sudah Tahu?

 

Bakteri yang berkembang biak ini akan menggerogoti sisa karbohidrat dari gula yang tertinggal di gigi dan berubah jadi asam.