Find Us On Social Media :

Macam-Macam Lapisan Gas di Atmosfer, Materi Biologi Kelas 7 SMP

Atmosfer terdiri dari beberapa lapisan gas yang punya ciri dan fungsinya masing-masing untuk melindungi bumi dari benda-benda langit yang bisa membawa dampak buruk bagi kehidupan di bumi.

GridKids.id - Planet bumi yang merupakan bagian dari tata surya punya kemungkinan untuk bertubrukan dengan banyak sekali benda langit yang enggak mengorbit secara beraturan.

Bumi memiliki gravitasi yang memungkinkan benda-benda langit lain di sekitarnya akan tertarik mendekati bumi.

Tapi, pernahkah kamu berpikir bagaimana bumi masih terlindungi dari benturan dan goncangan benda langit yang membahayakan?

Ternyata hal itu bisa terjadi karena bumi memiliki lapisan atmosfer yaitu sebuah lapisan gas dengan ketebalan hingga ribuan kilometer dan terdiri dari beberapa lapisan yang bisa melindungi bumi dari radiasi dan pecahan meteor yang menuju ke bumi.

Atmosfer memiliki ketebalan hingga 1.000 kilometer dari permukaan bumi. Lapisan gasnya terdiri dari beberapa materi gas, seperti nitrogen (78%), oksigen (21%), argon (0.9%), dan Karbondioksida (0,03%).

Sisanya terdiri dari air, neon, xinon, krypton, hidrogen, dan kalium, juga ozon.

Selain melindungi bumi dari benda-benda langit, lapisan atmosfer juga berperan melindungi bumi dari paparan sinar UV matahari yang bisa membahayakan kehidupan penduduk bumi.

Atmosfer juga memengaruhi cuaca dan bisa menyebabkan badai topan, hujan, angin, hingga turunnya salju.

Lapisan atmosfer berfungsi mengatur proses penerimaan panas sinar matahari yang sampai ke bumi.

Baca Juga: Pengaruh Atmosfer untuk Kehidupan Manusia, IPS Kelas VII SMP

Berkat adanya lapisan atmosfer sebanyak 34% panas matahari dipantulkan lagi ke angkasa, 19% diserap atmosfer, dan 47% mencapai permukaan bumi yang kita tinggali.

Macam-Macam Lapisan Atmosfer