Find Us On Social Media :

Bisa Terjadi pada Anak-Anak, Kenali 4 Jenis Penyakit Jantung Ini

Ketahui penyakit jantung yang dapat dialami oleh anak.

 

GridKids.id - Penyakit jantung seringkali dikaitkan dengan penyakit orang yang sudah dewasa.

Eits..jangan salah dulu, penyakit jantung ternyata juga dapat dialami anak-anak, lo. Penyakit jantung yang kerap dialami anak-anak merupakan penyakit jantung bawaan. Selain itu, penyakit jantung yang dialami anak-anak juga dapat dialami oleh berbagai jenis. Lalu, apa saja penyakit jantung yang dapat terjadi pada anak selain penyakit bawaan? Yuk, simak di sini ulasannya! 1. Penyakit Kawasaki Penyakit kawasaki merupakan penyakit yang langka dan kerap menyebabkan peradangan pada pembuluh darah di kaki, tangan, bibir dan tenggorokan. Penyakit ini dapat menyebabkan demam dan pembengkakan kelenjar getah bening.Baca Juga: Langsung Tidur Setelah Sahur Berbahaya untuk Kesehatan, Salah Satunya Serangan Jantung

Anak-anak yang mengalami penyakit ini akan memerlukan perawatan seumur hidup untuk menjaga kesehatan jantungnya.

2. Aterosklerosis Aterosklerosis merupakan penyakit jantung karena penumpukan lemak dan plak yang berisi kolesterol dalam arteri. Saat penumpukan lemak atau plak meningkat, arteri menjadi kaku dan menyempit yang menyebabkan risiko pembekuan darah serta serangan jantung.

Diperlukan waktu bertahun-tahun untuk aterosklerosis berkembang. Yang mana, penyakit ini jarang terjadi di usia remaja atau anak-anak. Walau begitu, hipertensi, obesitas dan diabetes yang dapat membuat anak jadi berisiko besar mengalami penyakit ini. Anak-anak yang memiliki faktor riwayat penyakit jantung dan diabetes dan kelebihan berat badan disarankan untuk melakukan tes kesehatan rutin. 3. Infeksi Virus

Virus juga dapat menyebabkan penyakit pernapasan atau flu yang dapat memengaruhi kesehatan jantung.

Baca Juga: Mengapa Detak Jantung Bisa Melambat? Kenali 4 Penyebabnya yang Jarang Disadari

Infeksi virus ini akan menyebabkan miokarditis serta dapat memengaruhi kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. 4. Murmur Jantung atau Bising Jantung Murmur jantung merupakan kondisi keluarnya suara bising karena darah yang bersirkulasi melalui bilik, katup jantung atau pembuluh darah di dekat jantung. Walau enggak berbahaya, kondisi ini dapat menandakan adanya maslaah kardiovaskular.

Murmur jantung enggak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya tetapi, jika ada permasalahan serius diperlukan perawatan tambahan untuk mengatasinya. Itulah 4 penyakit jantung yang dapat dialami oleh anak-anak selain karena penyakit jantung bawaan.

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.