Find Us On Social Media :

Menentukan Isi Pokok Pikiran dari Sebuah Teks Nonfiksi, Kelas 6 SD

Menentukan isi pokok pikiran dari sebuah cerita nonfiksi, materi kelas 6 SD tema 8.

GridKids.id - Dalam materi tematik kelas 6 SD tema 8 kali ini, kamu akan menentukan pokok pikiran dari teks non fiksi.

Tetapi sebelum itu, kamu harus membaca isi materinya terlebih dulu sebelum mengerjakan soalnya.

Pokok pikiran merupakan inti dari sebuah bacaan yang akan dibahas lewat penjelasan pendukung.

Pokok pikiran biasa ditemukan dalam setiap paragraf yang diikuti oleh gagasan pendukung untuk memperkuat pokok pikiran itu.

Letak pokok pikirian berada di paragraf awal, akhir atau di awal dan akhir.

Yuk, langsung saja kita simak teks non fiksi berikut ini dan bacalah secara saksama!

Letak Geografis dan Geologis Kawasan Asia Tenggara

Kawasan Asia Tenggara terletak di antar negara Cina, India, Australia, dan Samudra Pasifik. Kawasan Asia Tenggara memiliki dua bagian wilayah geografis, yaitu dataran dan kepulauan.

Baca Juga: Menemukan Kosakata Baru dalam Teks 'Waktu dan Kecepatan Rotasi Bumi', Kelas 6 SD

  Wilayah daratan di kawasan Asia Tenggara terdiri atas Kamboja, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Thailand. Sementara itu, wilayah kepulauan di kawasan Asia Tenggara terdiri atas Singapura, Filipina, Indonesia, Malaysia, Timor Leste, dan Brunei Darussalam. Letak kawasan Asia Tenggara secara astronomis berada di 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT.

Letak geografis adalah letak sebuah wilayah yang dilihat dari bentuk nyata wilayah tersebut di atas permukaan Bumi. Secara geografis, kawasan Asia Tenggara juga terletak di antara Samudra Pasifik dan India. Oleh karena letak geografisnya, kawasan Asia Tenggara memiliki beberapa batas dengan negara lain. Sebelah barat kawasan Asia Tenggara berbatasan dengan India dan Samudra Pasifik. Sebelah timur kawasan Asia Tenggara berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik. Sebelah utara kawasan Asia Tenggara berbatasan dengan wilayah daratan Cina dan Laut Cina. Sebelah selatan kawasan Asia Tenggara berbatasan dengan Timor Leste dan Samudra Hindia.

Luas wilayah daratan kawasan Asia Tenggara berkisar 4.500.000 kilometer per segi dan luas wilayah perairannya berkisar 5.060.000 kilometer per segi. Negara dengan wilayah terluas di Asia Tenggara adalah Indonesia. Sementara itu, wilayah dengan luas wilayah terkecil adalah Singapura.