Find Us On Social Media :

Pengertian Nilai dan Norma Sosial dalam Masyarakat, Sosiologi Kelas 7 SMP

Nilai sosial menjadi salah satu cara untuk menjaga hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekitarnya.

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari masyarakat enggak bisa dilepaskan dari nilai dan norma sosial yang berlaku di lingkungannya?

Nilai dan norma sosial dalam masyarakat diperlukan untuk menjaga interaksi antara individu atau kelompok dalam masyarakat agar tetap berjalan dengan harmonis.

Ketika masyarakat enggak lagi mempedulikan nilai atau norma sosial, tentunya akan terjadi berbagai konflik atau permasalahan sosial yang terjadi.

Berikutnya akan dijelaskan lebih lanjut tentang nilai dan norma sosial dalam masyarakat. Yuk, simak uraiannya di bawah ini!

1. Nilai Sosial

Nilai merupakan segala hal yang dianggap atau dinilai dalam dua kategori yaitu baik dan buruk dalam masyarakat.

Nilai bisa dijadikan sebagai dasar pertimbangan individu dalam menentukan sikap dan keputusannya dalam melakukan tindakan sosial.

Nilai sosial memiliki bentuk yang abstrak karena ada dalam pikiran, pandangan, ide, atau gagasan tiap manusia. Hal ini berkaitan dengan nilai yang diyakini seseorang dalam menjalani kehidupan sosialnya.

Nilai enggak memiliki sanksi atau hukuman ketika seseorang melanggarnya karena hal itu akan kembali pada diri masing-masing orang.

Baca Juga: Kunci Jawaban Materi PPKn Kelas 7 SMP: Manfaat Menaati Norma

Menurut Notonagoro, nilai sosial dibagi menjadi tiga, yaitu nilai material, nilai vital, dan nilai kerohanian.