Find Us On Social Media :

Amankah Anak-Anak Bermain Sosial Media? Apa Dampaknya?

Ketika anak-anak sudah mengakses sosial medianya sendiri, orang tua perlu memantau kegiatan anak di sosial media.

GridKids.id - Sosial media merupakan wadah berekspresi generasi masa kini.

Kamu pun pasti sudah enggak asing lagi dengan sarana komunikasi yang satu ini, atau mungkin kamu bahkan sudah memiliki akunmu sendiri.

Cukup banyak anak-anak yang masih sangat kecil sudah memiliki akun sosial medianya sendiri, meskipun ada aturan aplikasi yang mengharuskan seseorang sudah cukup umur untuk bisa mengakses media sosial.

Inilah kenapa penggunaan sosial media oleh anak-anak perlu dipantau ketat oleh orang tua, nih, Kids.

Beberapa sosial media yang banyak digunakan masyarakat Indonesia, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter menetapkan batas minimal usia untuk penggunanya yaitu 13 tahun.

Nah, kali ini kamu akan diajak untuk membahas tentang pengaruh penggunaan sosial media pada anak-anak bersama dengan Kak Fathin Rohmah Nur Wahidah, M.Psi, Dosen Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Dalam sesi wawancara yang dilakukan via telepon pada Rabu (23/3/2022), Kak Fathin mengungkapkan tentang pandangannya terkait sosial media dan pengaruhnya untuk anak-anak. Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini, ya.

Tren Penggunaan Sosial Media Saat Ini

Menurut Kak Fathin, penggunaan sosial media enggak hanya punya dampak plus minus untuk anak-anak, tapi juga berlaku bagi semua usia.

Baca Juga: Marak Di Sosial Media, Apa Bahaya Self Diagnosis Kesehatan Mental? #AkuBacaAkuTahu

Tiap individu punya kesempatan yang sama untuk memanfaatkan sosial media untuk memudahkan komunikasi dan berbagai kegiatan sehari-harinya.