Find Us On Social Media :

Keseimbangan Ekosistem dan Cara Menjaganya, Materi Biologi Kelas 7 SMP

Kelestarian lingkungan dan organisme di dalamnya terjadi dan dipengaruhi beberapa faktor, misalnya faktor reproduksi organisme yang terjadi di dalamnya.

GridKids.id - Kids, sadarkah kalian bahwa lingkungan yang kalian tinggali harus dijaga supaya tetap seimbang dan layak untuk ditinggali?

Setelah sebelumnya kamu sudah belajar tentang komponen-komponen penyusun dan interaksi yang terjadi dalam sebuah ekosistem, kali ini kamu akan diajak untuk belajar tentang keseimbangan ekosistem dan ancamannya.

Kondisi ekosistem yang terancam, terjadi ketika ada kelangkaan hewan maupun tumbuhan yang disebabkan oleh tiga faktor.

Faktor tersebut yaitu adanya bencana alam, tingkat reproduksi yang rendah, dan aktivitas manusia yang merugikan kelangsungan lingkungan.

Misalnya terjadi kelangkaan pada tumbuhan tertentu yang jadi sumber makanan konsumen 1, hal ini akan berpengaruh juga pada konsumen-konsumen yang ada di atasnya.

Selain itu, faktor bencana alam yang enggak bisa dihindari juga berperan penting pada keberlangsungan hidup organisme dalam sebuah ekosistem.

Bencana alam seperti gunung meletus atau kebakaran hutan pastinya akan menyebabkan banyak tumbuhan mati dan berpengaruh pada hewan-hewan yang kehilangan sumber makanan dan habitatnya.

Faktor aktivitas manusia yang merugikan keberlangsungan lingkungan seperti perburuan hewan-hewan langka untuk diperjualbelikan atau penangkapan ikan di laut menggunakan bahan-bahan kimia yang merusak terumbuh karang.

Nah, selanjutnya kamu akan diajak belajar tentang upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan hidup. Apa saja, ya?

Baca Juga: Jawaban Pikiran Utama Teks Bacaan 'Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem', Kelas 5 SD Tema 5

Cara Menjaga Keseimbangan Ekosistem