Find Us On Social Media :

Selain Sakit Pinggang, Inilah 4 Gejala Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Ketahui gejala atau tanda awal dari batu ginjal.

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa ada kemungkinan satu dari 10 orang pernah mengalami batu ginjal?Batu ginjal memiliki bentuk yang enggak beraturan atau terlihat seperti kristal dari mineral dan garam. Batu ginjal ini terbentuk di ureter, tabung yang dapat mengalirkan urin dari ginjal ke kandung kemih. Batu ginjal sebenarnya enggak memiliki rasa sakit dan sering muncul saat batu ginjal tersangkut di ureter. Batu ginjal ini dapat memicu penyumbatan sehingga urine akan krmbali ke ginjal yang menyebabkan adanya pembengkakan. Pembengkakan ginjal menyebabkan rasa sakit karena ginjal bukan organ elastis.

Berikut adalah beberapa gejala batu ginjal yang perlu diwaspadai, yaitu: 1. Rasa mual dan muntah Gejala atau tanda awal pertama adanya batu ginjal di dalam tubuh yaitu dengan sering merasa mual dan muntah.

Baca Juga: Enggak Perlu ke Dokter, Batu Ginjal Dapat Diatasi dengan Rutin Konsumsi Buah Murah Ini

Hal ini dikarenakan sambungan saraf pertama antara ginjal dan saluran pencernaan yang memicu gangguan pencernaan. 2. Darah dalam urin Darah di dalam urin bisa menjadi tanda bahwa kamu mungkin memiliki batu ginjal.

Dalam beberapa kasus, jumlah darah enggak terdeteksi hingga dokter melakukan tes urin. Namun terkadang juga, batu ginjal hanya memicu gejala berupa darah di dalam urin tanpa disertai gejala lain. 3. Sakit pinggang

Ginjal terletak di area panggul dan tulang rusuk dan rasa sakit akibat batu ginjal sering berpindah dari sekitar perut dan area pinggul. Tetapi, sakit karena batu ginjal biasa enggak terjadi di bagian tengah punggung atau punggung bawah. 4. Rasa sakit muncul dan hilangBaca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Selain Minum Air Putih, Apa Saja?

Rasa sakit karena adanya batu ginjal biasa dirasakan seperti datang dan pergi. Nyeri ini hanya terjadi jika ada batu ginjal yang melewati ureter. Jika rasa sakit ini hilang, bukan berarti batu ginjal juga menghilang. Hal ini bisa menandakan bahwa urin bisa keluar dan batu kembali ke ginjal. Itulah beberapa gejala atau tanda kita memiliki batu ginjal yang perlu diwaspadai sejak dini.

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.