Find Us On Social Media :

5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Selain Minum Air Putih, Apa Saja?

Cara menjaga kesehatan ginjal selain minum air putih

GridKids.id - Kids, seperti yang kita tahu bahwa minum air putih yang cukup dapat menjaga kesehatan ginjal kita. Tetapi, enggak hanya air putih saja namun juga seseorang tetap membutuhkan gaya hidup sehat agar kesehatan ginjalnya tetap terjaga dengan baik. Kebiasaan buruk dapat memengaruhi kesehatan dan merusak ginjal. Kerusakan ginjal ini dapat terjadi secara bertahap dimulai dari penurunan fungsi yang lambat laun akan enggak berfungsi sama sekali.

Kondisi organ vital yang enggak bisa bekerja menjalankan fungsinya ini juga dikenal dengan istilah gagal ginjal. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal selain minum air putih? Cara Menjaga Kesehatan Ginjal 1. Hindari makanan instan Makan makanan instan, olahan dan mengandung pengawet seperti natrium dan fosfor dapat merusak ginjal jika terlalu sering dikonsumsi.Baca Juga: Banyak Digemari, 6 Jenis Makanan dan Minuman Ini Bisa Picu Batu Ginjal

Penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan fosfor yang tinggi dalam makanan akan membahayakan kesehatan ginjal dan tulang.

Maka dari itu hindari mengonsumsi makanan olahan seperti sosis, nugget dan segala macam makanan beku, cepat saji dan berpengawet. 2. Makan daging berlebihan Makan daging secara berlebihan juga dapat menjadi salah satu kebiasaan yang merusak ginjal. Tingginya kadar asam di dalam darah bisa memicu asidosis atau kondisi kadar asam dalam darah tinggi yang sulit dinetralisir oleh ginjal. Hindari makan daging secara berlebihan dan jalani pola makan bergizi seimbang seperti buah dan sayur. 3. Begadang dan kurang tidur Sebagian orang kerap terbiasa untuk begadang dan kurang tidur di malam hari. Hal ini ternyata dapat merusak ginjal. Tidur makan berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal kita karena fungsi ginjal dikontrol jam biologis tubuh.Baca Juga: Jangan Langsung Dibuang, Inilah Sederet Manfaat Air Rebusan Jagung

Jika kurang tidur berlangsung dalam waktu lama, beban kerja ginjal dapat terus bertambah dan bisa rusak. 4. Mengonsumsi asupan tinggi gula Gula bisa menyebabkan obesitas dan juga meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi dan diabetes. Dua masalah ini menjadi penyebab penyakit ginjal. Asupan tinggi gula enggak hanya ada dalam makanan dan minuman manis saja, namun juga ada dalam bumbu instan, saus, roti dan lain-lain. Kurangi mengonsunsi makanan yang mengandung gula tambahan dan tinggi gula. 5. Batasi garam dan natrium Selain makanan manis, mengonsumsi makanan tinggi garam, sodium, natrium atau jenis penyedap lainnya ternyata dapat meningkatkan tekanan darah.

Jika kondisi ini terus berkepanjangan, lama-kelamaan ginjal jadi rusak. Batas aman mengonsumsi garam atau natriun ler hari untuk orang sehat yaitu maksimal 2.000 miligram natrium atau satu sendok teh garam per hari. Nah, itu dia beberapa cara untuk menjaga kesehatan ginjal selain minum air putih yang banyak.

Baca Juga: Termasuk Organ Vital Tubuh, Kenali 6 Tanda Ginjal Tak Sehat yang Kerap Kali Diabaikan

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.