Find Us On Social Media :

Bentuk dan Faktor Pendorong Mobilitas Sosial, Materi Sosiologi Kelas 8 SMP

Mobilitas sosial terjadi dalam masyarakat yang dinamis.

GridKids.id - Manusia sebagai makhluk sosial yang dinamis akan terus berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya untuk bertahan hidup.

Ketika bicara tentang perpindahan penduduk, kamu enggak bisa melepaskan bahwa individu dalam masyarakat melakukan untuk menempatkan posisinya dalam tatanan masyarakat.

Fenomena ini dikenal dengan mobilitas sosial, yaitu proses perpindahan status sosial yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok ke status sosial lain yang ada dalam sebuah masyarakat.

Perpindahan ini akan menunjukkan status seseorang berada pada tingkatan yang lebih tinggi, lebih rendah, atau bertahan pada derajat yang sama.

Lalu, kenapa mobilitas sosial bisa menunjukkan arah atau hasil yang berbeda?

Ternyata hal ini berkaitan dengan bentuk mobilitas sosial yang memengaruhinya.

Berikut adalah penjelasan tentang bentuk dan faktor mobilitas sosial yang terjadi di dalam sebuah masyarakat. Langsung simak uraian lengkapnya di bawah ini, ya!

Bentuk Mobilitas Sosial

Mobilitas sosial dalam masyarakat terbagi menjadi dua jenis, yaitu mobilitas sosial horizontal dan vertikal.

Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif Akibat Mobilitas Sosial Masyarakat

Mobilitas sosial horizontal merupakan perpindahan status sosial yang dialami oleh individu dalam kelompok yang enggak mengubah derajat sosialnya akan tetap sejajar seperti sebelumnya.

Sedangkan mobilitias sosial vertikal adalah mobilitas yang memungkinkan perpindahan status sosial seseorang ke kelompok status lainnya yang enggak sederajat.