Find Us On Social Media :

Selain Mudah Lelah, Kenali 9 Efek Long COVID Omicron serta Langkah Pencegahannya

Efek long COVID Omicron serta pencegahannya yang perlu diwaspadai.

GridKids.id - Sebagian orang menanyakan, apakah Omicron dapat menyebabkan efek long COVID sama seperti virus corona lainnya? Infeksi virus corona varian Omicron ini menyebabkan gejala yang relatif ringan dibanding varian lainnya. Namun, COVID-19 juga dapat menyebabkan gejala berat hingga pengidapnya bisa meninggal dunia. Apalagi bagi orang yang memiliki penyakit komorbid dan belum divaksin. Gejala Omicron seperti pilek, sakit kepala, pusing, bersin-bersin, sakit tenggorokan, nyeri otot, sendi, mual, kelelahan atau ruam biaaanya muncul selama 5 hari. Jika gejala ini berlangsung selama lebih dari 12 minggu, seseorang bisa dikatakan merasakan efek long covid. Efek long COVID Omicron Ada beberapa efek long COVID Omicron yang perlu diwaspadai, seperti: 1. Sesak napas

Baca Juga: Lebih Efisien, Begini Cara Akses Layanan Telemedicine bagi Pasien Isoman COVID-19

2. Mudah lelah 3. Susah berkonsentrasi dan mudah lupa 4. Nyeri dada 5. Merasa sakit kepala 6. Jantung berdebar-debar 7. Depresi dan gangguan kecemasan

8. Nyeri otot dan sendi 9. Susah tidur di malam hari

Jika kamu mengalami efek long COVID hingga lebih dari sebulan sejak pertama kali dinyatakan terinfeksi COVID-19, kamu perlu berkonsultasi ke dokter.

Baca Juga: Tak Hanya Memiliki Penularan Lebih Cepat, Inilah Alasan Varian Omicron Jadi Kekhawatiran Dunia

Lalu, bagaimana dengan pencegahan long COVID? Penelitian yang diterbitkan oleh The Lancet, orang yang sudah disuntik vaksin minimal dosis lengkap saat terinfeksi virus corona bergejala kurang dari sebulan. Suntik vaksin COVID-19 berpotensi menjadi langkah pencegahan dari long COVID termasuk Omicron. Orang yang menerima satu dosis vaksin COVID-19 seminggu sebelum terinfeksi corona, memiliki peluang tujuh hingga 10 kali lebih jarang terkena long COVID. Vaksin COVID-19 menjadi pencegahan untuk efek long COVID termasuk varian Omicron. Namun, penyintas harus tetap selalu waspada dan menjalankan protokol kesehatan karena infeksi ulang bisa menyebabkan gejala penyakit muncul kembali. Itulah penjelasan tentang efek long COVID varian Omicron serta langkah pencegahannya yang harus diketahui.

Baca Juga: Bisakah Seseorang Terinfeksi COVID-19 Varian Delta dan Omicron Secara Bersamaan? Ini Penjelasan Ahli

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.