Find Us On Social Media :

Urutan Golongan Darah dari yang Paling Umum hingga Paling Langka, Punyamu Nomor Berapa?

Pembagian golongan darah berdasar sistem ABO umum dikenal dengan golongan darah A, B, O, dan AB.

GridKids.id - Dalam tubuh manusia mengalir darah yang punya banyak keunikan dan menjadi salah satu faktor yang memastikan tubuh manusia berfungsi sebagai mana seharusnya.

Dalam darah manusia terkandung antigen yang membuat darah bisa dikelompokkan menjadi beberapa golongan berbeda, seperti beberapa golongan darah yang umum kita kenal dengan golongan darah A, B, O, dan AB.

Ada dua jenis sistem penggolongan darah yang dipergunakan secara umum, yaitu sistem ABO dan Rh-positif juga Rhesus negatif.

Namun, selain itu ternyata ada juga orang-orang yang memiliki golongan darah Rh-null yang super langka, saking langkanya mereka disebut dengan "Golden Blood" atau darah emas.

Pemilik golongan darah ini diketahui ada 43 orang di dunia, mereka merupakan orang yang memiliki kekurangan antigen dalam sistem Rhesusnya.

Kali ini kamu akan diajak untuk melihat daftar golongan darah dari yang paling umum sampai yang paling langka. Penasaran? Yuk, langsung cek urutannya di bawah ini!

1. Golongan darah O+

Dilansir dari halodoc.com, data yang terdapat dalam American Red Cross menunjukkan bahwa golongan darah O+ adalah golongan darah paling umum di dunia dengan prosentase mencapai 38,67% populasi dunia.

Orang dengan golongan darah ini bisa melakukan transfusi darah ke semua golongan darah dengan rhesus positif lainnya. Namun hanya bisa menerima transfusi dari dari sesama golongan darah O.

Baca Juga: Disayang Banyak Orang, Berikut Urutan Golongan Darah yang Penyayang dan Baik Hati

2. Golongan darah A+