Find Us On Social Media :

Pernah Alami Mual Setelah Makan? Bisa Jadi 4 Hal yang Tak Boleh Diabaikan Ini Penyebabnya

Ketahui beberapa penyebab mual saat setelah makan.

GridKids.id - Kids, apakah kamu pernah merasakan mual saat setelah makan?

Hal ini tentunya sangat mengganggu walau terlihat sepele, ya. Meski begitu, mual setelah makan ternyata bisa menjadi salah satu tanda adanya masalah kesehatan, lo. Mual setelah makan kerap dialami siapa saja dan sering diabaikan.

Namun, kamu juga perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab mual setelah usai makan. Beberapa di antaranya bisa karena alergi, stres, dan keracunan makanan. Lalu, apa penyebab lainnya? Penyebab Mual Setelah Makan Ternyata ada beberapa kondisi medis yang dapat memicu mual saat setelah makan, yaitu:Baca Juga: Ditandai dengan Mual dan Muntah, Inilah 5 Tanda Tubuh Kelebihan Air Putih yang Perlu Diketahui

1. Diabetes

Diabetes atau kadar gula darah yang terlalu tinggi atau rendah ternyata dapat menyebabkan mual. Jika kamu memiliki riwayat diabates panjang, walau terkontrol dengan baik, ternyata kamu juga bisa mengalami gastroparesis diabetik. Gastroparesis diabetik yang akan membuat pencernaan jadi enggak berfungsi dan mencerna makanan dengan baik. 2. Pankreatitis Pankreatitis merupakan salah satu kondisi yang terjadi karena terbentuknya batu empedu, penggunaan alkohol, gangguan autoimun dan sejenisnya. Pankreas yang bekerja ini akan menciptakan enzim untuk memecah makanan tiap kali makanan masuk ke mulut. Jika pankreas mengalami radang, hal ini akan membuat produksi enzim dalam tubuh jadi terganggu. Gangguan pankreas dapat menyebabkan mual, diare, sakit perut hingga penurunan berat badan.

Baca Juga: Perut Mual dan Terasa Sesak, Ini Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung

3. Infeksi Virus atau Bakteri Saat tubuh mengalami infeksi virus atau bakteri, maka tubuh akan merasakan dampaknya. Kamu juga akan mengalami mual setelah makan yang berlangsung 24 hingga 48 jam yang disertai gejala lain seperti demam, nyeri otot dan sendi. 4. Asam Lambung Naik Asam lambung yang naik akan memicu heartburn apalagi saat setelah makan makanan pedas atau yang berminyak. Heartburn atau sensasi terbakar di dada bagian atas dan tenggorokan juga terkadang dapat menyebabkan mual. Naiknya asam lambung juga merupakan kondisi saat asam lambung kembali ke tenggorokan. Hal ini juga bisa menjadi tanda adanya penyakit GERD yang mengakibatkan iritasi kronis dan peradangan. Itulah 4 penyebab yang dapat memicu mual saat setelah makan yang kerap diabaikan dan dianggap sepele, ternyata bisa jadi salah satu tanda dari kondisi medis.

Baca Juga: Bikin Mual Hingga Kembung, Jangan Konsumsi 4 Buah Ini Saat Pagi Hari

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.