Find Us On Social Media :

4 Pengertian Istilah Kesehatan Mental dari Self Love Hingga Self Healing

Selama masa pandemi kesadaran masyarakat akan kesehatan mental ikut meningkat.

GridKids.id - Kids, selama masa pandemi banyak orang mulai memperhatikan masalah kesehatan mental.

Hal ini tentunya enggak lepas dari kondisi terbatas selama masa pandemi dengan berbagai perubahan sembari tetap terus menjaga diri dari penularan virus.

Bersamaan dengan hal tersebut istilah-istilah kesehatan mental mulai banyak disinggung dan disoroti, salah satunya istilah healing.

Berbagai kegiatan bersantai dan refreshing banyak disebut sebagai bentuk healing yang perlu dilakukan untuk melegakan diri dan melepaskan diri dari rasa penat.

Dilansir dari kompas.com, Psikolog Danti Wulan Manunggal, Psi, mengatakan bahwa kesadaran masyarakat tentang kesehatan mental yang mulai menunjukkan peningkatan adalah sebuah hal yang positif.

Namun, banyak istilah atau konsep yang belum benar-benar tepat digunakan oleh banyak orang, beberapa orang keburu melabeli segala hal berkaitan dengan bersantai dan menghabiskan waktu dengan istilah self healing.

Selanjutnya kamu akan diajak untuk mengenali berbagai istilah kesehatan mental yang sedang banyak disebut di sana-sini. Yuk, cek sama-sama, Kids.

1. Self love

Istilah ini mengacu pada proses lebih mengenali diri sendiri, termasuk hal-hal yang bisa ditoleransi oleh diri sendiri.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Gemar Membaca Komik, dari Menumbuhkan Minat Baca Hingga Redakan Stres

Fokus pada kelebihan dan menerima kekurangan atau hal-hal negatif yang ada pada diri sendiri tanpa terlalu larut di dalamnya.

Self love adalah proses berdamai dan menerima diri sendiri, menyadari bahwa diri kita pasti punya hal-hal yang enggak sempurna dan itu bukan masalah.