Find Us On Social Media :

Pengertian Artikel: Tujuan dan Ciri-cirinya, Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA

Ilustrasi seseorang sedang mencoba membuat artikel.

GridKids.id - Kids, ketika kamu membaca majalah, koran, atau mencari sumber bacaan ilmiah di internet, kamu akan dengan sangat mudah menemukan artikel.

Artikel merupakan karangan ilmiah yang dibuat berdasar fakta dan opini yang dipublikasikan secara umum, baik dalam bentuk cetak ataupun media online.

Biasanya artikel bertujuan untuk bisa menyampaikan gagasan berisi data atau fakta tertentu yang bisa meyakinkan atau menambah informasi pembacanya.

Gagasan atau buah pikiran penulis akan disampaikan dalam bentuk opini yang bertujuan memberikan gambaran kondisi sekaligus solusi yang bisa dilakukan.

Semua opini yang coba digambarkan dan disusun dalam sebuah artikel harus berdasarkan fakta dan data yang akurat dan bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya kamu akan diajak untuk mengenal tujuan dan ciri-ciri dari artikel. Yuk, simak uraian lengkapnya dalam poin-poin berikut ini!

Tujuan Artikel

Tujuan artikel bisa dilihat dari dua sudut pandang, yaitu dari sudut pandang penulis artikel dan pembacanya.

Artikel bagi penulisnya berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan berpikir secara sistematis, sarana publikasi karya tulis ilmiah yang membahas dan menguraikan masalah pokok yang sudah ditentukan oleh peneliti, hingga berguna untuk menjelaskan masalah yang terjadi pada bidang ilmu tertentu.

Baca Juga: Penjelasan Teks Artikel: Pengertian, Ciri, dan Jenis-jenisnya

Sedangkan bagi pembacanya, artikel memiliki tujuan sebagai sumber pengetahuan atau informasi yang kredibel, sarana edukasi, hingga hiburan bagi orang-orang dengan ketertarikan yang beragam.