Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban Perangkat Lunak Pembuat Program Scratch, Kelas 6 SD Tema 9

Mengenal perangkat lunak pembuat program serta kunci jawabannya, kelas 6 SD tema 9

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini kita telah sampai pada tema 9.

Kamu akan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yaitu mengenal perangkat lunak pembuat program. Melalui materi ini, kamu akan mencoba untuk membuat program komputer dengan perangkat lunak Scratch. Setelah diunduh, kamu bisa langsung membuat animasi dengan menggunakan Scratch. Animasi tersebut dapat kamu tambahi suara, dapat digerakkan, ditambahkan tulisan dan lain-lain. Agar kamu lebih memahaminya lagi, kamu dapat menyimak beberapa contoh soal serta jawabannya berikut ini.

Contoh Soal 1. Jelaskan bagaimana langkah-langkah menginstall Scratch! Jawab:Baca Juga: Menemukan Kunci Jawaban Cerita Fiksi 'Senyum Sang Juara', Kelas 6 SD Tema 9

- Buka web browser yang ada pada komputermu. - Ketik link http://scratch.mit.edu/scratch_1.4/ di kolom pencarian. - Pilih installer Scartch yang sesuai dengan sistem di komputer lalu tunggu hingga proses pengunduhan selesai. - Masuklah ke folder penyimpanan di mana file Scartch disimpan dan klik sebanyak dua kali. - Klik next hingga muncul kotak dialog, lalu klik next lagi.

- Klik install dan tunggu, lalu klik finish. 2. Apa saja yang bisa dilakukan dengan menggunakan Scratch? Jawab: Scratch merupakan salah satu program gratis yang dapat digunakan untuk membuat animasi. Baca Juga: Kunci Jawaban Cerita Fiksi Berjudul 'Juara Sejati', Kelas 6 SD Tema 9

3. Jelaskan bagaimana cara membuat Sprite dengan cara melukis! Jawab:

- Buka Scratch dengan mengklik dua kali pada ikonnya di tampilan layar. - Pilih Sprite baru dan klik ikon bintang dengan kuas. Letaknya ada pada bagian bawah lembar kerja Sprite.

- Setelah itu, kamu akan mendapat lembar kerja baru dan bisa memanfaatkan segala fitur yang ada untuk melukis Sprite yang baru.

4. Bagaimana cara untuk memperbesar dan memperkecil Sprite?

Jawab:

- Cara memperbesar: kita perlu mengklik ikon perbesar beberapa kali sesuai kebutuhan. Letaknya ada di pojok kiri atas lembar kerja. - Cara memperkecil: kamu perlu mengklik ikon perkecil beberapa kali sesuai kebutuhan, letaknya ada di pojok kiri atas lembar kerja.Baca Juga: Kunci Jawaban Cerita Fiksi 'Kado Ulang Tahun Ibu', Kelas 6 SD Tema 9

Itulah pembahasan materi tematik TIK kelas 6 SD tema 9 yaitu mengenal perangkat lunak pembuat program serta kunci jawabannya.