Find Us On Social Media :

Sehat dan Lezat, 5 Jenis Makanan Ini Ternyata Tak Berisiko Meningkatkan Kadar Gula Darah

Ada beberapa jenis makanan yang tak berisiko meningkatkan kadar gula darah tinggi.

GridKids.id - Kids, siapa di antara kamu yang punya hobi makan? Makan memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari namun kamu juga perlu tahu bahwa ada beberapa makanan yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Ternyata, ada beberapa jenis makanan yang enggak meningkatkan gula darah, lo.

Gula darah yang tinggi bisa menyebabkan risiko kesehatan seperti kerusakan saraf, pembuluh darah hingga organ tubuh. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan mengetahui apa saja makanan yang enggak berisiko meningkatkan gula darah. Lalu, apa saja makanan yang enggak berisiko meningkatkan kadar gula darah? Yuk, cari tahu di sini!

1. Telur

Makanan seperti telur rupanya mengandung protein murni yaitu mencapai skor G1 0. Telur dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi selera makan.Baca Juga: Telapak Kaki Sering Terasa Dingin? Jangan Sepelekan, Bisa Jadi Tanda 4 Masalah Kesehatan Ini

Namun, telur yang ditambahkan jenis makanan lain akan menghilangkan statusnya sebagai makanan yang tak berisiko meningkatkan gula darah.

Telur rebus lebih direkomendasikan sebagai camilan yang sehat. 2. Ikan yang mengandung asam lemak omega-3

Protein enggak memiliki peringkat GI dan enggak memengaruhi kadar gula darah. Protein meningkatkan rasa kenyang dan dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Ikan menjadi salah satu sumber protein yang sangat baik terutama yang mengandung asam lemak omega-3. Adapun beberapa ikan yang mengandung asam omega-3, yaitu ikan salmon, ikan trout, tuna ablacore, ikan halibut dan ikan kembung. 3. Alpukat Siapa, nih, yang suka dengan buah alpukat? Baca Juga: Selama Ini Sering Dilakukan Masyarakat Indonesia, Ternyata 5 Kebiasaan Ini Memicu Diabetes

Buah yang sering dijadikan sebagai jus ini ternyata memiliki Indeks Glikemik (GI) yang rendah. Studi juga menunjukkan bahwa alpukat bisa menurunkan risiko sindrom metabolik. Sindrom metabolik ini merupakan faktor risiko yang bisa meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Jika ingin mengonsumsi alpukat, lebih disarankan untuk dimakan tanpa gula tambahan. 4. Ceri asam Buah ceri asam memiliki kadar GI yang lebih rendah jika dibandingkan dengan buah yang lain. Asam dari ceri ini enggak akan berpotensi meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Ceri asam mengandung bahan kimia anthocyanin, yang mana sebuah studi menunjukkan bahwa kandungannya itu membuat tubuh bisa terhindar dari diabetes dan obesitas. 5. Sayuran hijauBaca Juga: Tinggalkan Kebiasaan Ini, Ternyata Makan Mi Instan Mentah Bisa Memicu Penyakit Berbahaya, Sudah Tahu?

Sayuran hijau mengandung serat tinggi dan nutrisi seperti vitamin A dan magnesium. Kandungan ini dapat membuat sayuran hijau enggak berisiko meningkatkan gula darah.

Adapun sayuran hijau tersebut seperti bayam, swlada, collard, kale dan swiss chard yang dapat dikonsumsi.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang enggak akan meningkatkan risiko kadar gula darah di dalam tubuh kita.

Baca Juga: Aman Dikonsumsi bagi Penyandang Diabetes, Ini 5 Manfaat Konsumsi Bihun Jagung