Find Us On Social Media :

Lahir Pada 11 Februari, Seperti Ini Perjalanan Hidup Ilmuwan Besar Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison.

GridKids.id - Kids, apakah kamu tahu siapa orang yang berjasa menerangi dunia?

Tokoh yang sangat berjasa untuk perkembangan teknologi penerangan listrik di dunia ialah Thomas Alva Edison. Sebelum menemukan lampu pijar, beliau sudah menemukan generator listrik, alat perekam suara, hingga film.

Thomas Alva Edison lahir pada 11 Februari 1847 di Milan, Ohio, Amerika Serikat.

Beliau adalah anak bungsu dari tujuh bersaudara yang lahir dari pasangan Samuel Odgen Edison Jr dan Nancy Matthews Elliot.

Semasa kecil, beliau hanya menempuh pendidikan di bangku sekolah untuk waktu yang singkat.

Ketika itu beliau dianggap sebagai anak yang tertinggal dan enggak berbakat karena memiliki gangguan pada pendengarannya.

Akhirnya Edison kecil berhenti bersekolah dan mulai menerima pengajaran dari sang ibu lewat School of Natural Philosophy karya RG parker dan The Cooper Union for the Advancement of Science and Art.

Pada usia ke 12, Edison bekerja sebagai penjual koran di jalur kereta Port Huron menuju Detroit.

Hal ini didorong karena ketika itu setelah kepindahan keluarganya ke Port Huron, Michigan, sang Ayah harus kehilangan pekerjaannya.

Baca Juga: Penemuan Penting saat Perang Dunia II, Salah Satunya Komputer #AkuBacaAkuTahu

Edison lalu menjadi operator telegraf setelah menyelamatkan nyawa seorang anak berumur 3 tahun bernama Jimmie MacKenzie yang terjebak di rel kereta.

Ayah Jimmie lah yang mengajarkan Edison bagaimana cara kerja seorang operator sebagai bentuk balas budi karena sudah menyelamatkan anaknya.