Find Us On Social Media :

Enggak Perlu Panik, Begini Cara Menurunkan Demam Tinggi yang Mudah Dilakukan

Ketahui cara menurunkan demam tinggi dan penyebabnya.

GridKids.id - Demam merupakan salah satu kondisi kesehatan di mana suhu tubuh melebihi normal yang mencapai 40 Celcius. Demam merupakan tanda bahwa tubuh kita sedang melawan infeksi bakteri atau virus penyebab penyakit. Namun, ada juga kalanya seseorang perlu mencari cara agar menurunkan demam. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa juga bisa mengalami komplikasi dari demam tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa suhu 40 Celcius atau lebih tinggi yang menyebabkan kerusakan saraf. Jadi, seseorang harus mencari cara untuk menurunkan demamnya. Lalu, bagaimana cara menurunkan demam? Berikut adalah beberapa cara untuk menurunkan demam tinggi, yaitu: 1. Tetap terhidrasi, di mana asupan cairan diperlukan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Baca Juga: Sangat Disukai, Ternyata 3 Jenis Makanan Ini Enggak Boleh Dikonsumsi saat Demam

2. Istirahat yang cukup.

3. Hindari pakaian yang terlalu tebal dan jaga suhu ruangan agar tetap sejuk.

4. Mandi dengan air hangat atau kompres dahi dengan air dingin.

5. Minum obat yang dijual bebas seperti asetaminofen dan ibuprofen untuk menurunkan demam. Namun perhatikan juga dosis yang tepat jangan diminum bersamaan dengan obat penurun demam lainnya. 6. Makan makanan yang sehat seperti roti, telur, sup ayam yang mudah dicerna. Penyebab demam tinggi Demam bukanlah suatu penyakit dan merupakan sebuah gejala. Dokter dapat mendiagnosis demam dengan memeriksa tubuh seseorang.

Baca Juga: 6 Gejala Umum Omicron pada Anak, dari Lelah sampai Demam

Adapun beberapa penyebab demam, di antara lain: 1. Radang sendi. 2. Infeksi radang tenggorokan, flu, cacar air, pneumonia dan COVID-19. 3. Olahraga yang terlalu berat. 4. Dehidrasi. 5. Efek obat dan imunisasi. 6. Silikosis atau penyakit paru-paru yang disebabkan kerena paparan debu silika dalam jangka yang panjang. Itulah penjelasan tentang beberapa cara menurunkan demam tinggi serta penyebab demam yang kerap dialami sebagian orang.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman yang Bisa Membantu Redakan Demam, Salah Satunya Sup Ayam

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.