Find Us On Social Media :

Sejarah Wonton, Sup Berkuah Asal Tiongkok yang Menginspirasi Sajian Pangsit Goreng

Sup wonton yang gurih dan hangat.

GridKids.id - Kids, banyak makanan yang digemari masyarakat di Indonesia merupakan makanan yang memeroleh pengaruh kebudayaan Tionghoa, salah satunya adalah pangsit.

Pangsit yang populer di Indonesia sebagai pelengkap sajian berkuah seperti bakso dan mie ayam disebut berasal dari sajian khas Tiongkok yaitu wonton.

Wonton di tempat asalnya merupakan sajian sup atau berkuah yang terbuat dari adonan tepung yang dibentuk menjadi lembaran tipis yang digunakan sebagai kulit atau pembungkus isian daging atau sayuran.

Wonton yang sudah dibungkus dengan rapi nantinya akan dikukus sebelum akhirnya disajikan dengan kuah kaldu yang hangat.

Sedangkan di Indonesia, pangsit yang digoreng populer sebagai pelengkap sajian berkuah atau dikonsumsi sebagai camilan atau makanan kecil.

Lalu, seperti apa sejarah dari wonton atau asal mula dari camilan pangsit yang populer di Indonesia? Yuk, ikuti cerita sejarahnya di bawah ini!

Sejarah Wonton

Catatan sejarah menyebutkan bahwa sajian ini sudah ada sejak masa Dinasti Tang (618-906 M). Oleh masyarakat Tiongkok kuno, wonton hampir disamakan dengan jiaozi.

Namun, perkembangan wonton kemudian membuatnya menjadi berbagai jenis masakan sehingga orang-orang pada masa selanjutnya mulai membedakan keduanya.

Baca Juga: Sejarah Jiaozi, Sajian Dumpling Khas Perayaan Tahun Baru Imlek