Find Us On Social Media :

Pernah Alami Mata Berkunang-kunang? Bisa Jadi Pertanda Penyakit Ini

(Ilustrasi) mata berkunang-kunang ternyata bisa jadi pertanda ada penyakit.

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu mengalami mata yang berkunang-kunang? Ternyata mata berkunang dapat menjadi penyebab dari beberapa penyakit, lo!Mata berkunang dapat terjadi saat retina atau lapisan di belakang mata terdorong oleh sesuatu selain cahaya. Atau bisa jadi karena ada dorongan di saraf mata dan otak. Kondisi ini biasa terjadi saat kamu menekan mata, menggosoknya atau bersin terlalu kencang. Sedangkan di luar kondisi itu, mata berkunang juga dapat menjadi tanda suatu penyakit. Lalu, mata yang berkunang menandakan penyakit apa saja, ya? 1. Migrain Migrain juga bisa menjadi penyebab mata berkunang hingga gangguan penglihatan sementara.Baca Juga: Jangan Dilakukan Lagi, Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mengiritasi Mata, Sudah Tahu?

Mata berkunang ini biasa terjadi pada kedua mata yang mana dipengaruhi oleh sinyal listrik abnormal di otak.

Migrain juga menyebabkan pengidapnya merasakan mata yang berkunang tanpa pusing atau sakit kepala. 2. Cedera Kepala

Mata yang berkunang juga bisa menjadi pertanda adanya cedera atau benturan di kepala. Di bagian belakang otak terdapat lobus oksipital yang bertugas untuk memproses informasi visual. Benturan ini juga membuat otak mengirimkan sinyal listrik yang mirip cahaya. 3. Posterior vitreous detasemen Posterior vitreous detasemen (PVD) merupakan penglihatan yang terkait dengan penuaan. Viterous adalah cairan yang mirip dengan jeli di dalam bola mata dan melekat pada retina.

Baca Juga: Mengapa saat Mengiris Bawang Merah Bikin Mata Pedih dan Berair? #AkuBacaAkuTahu

Ketika menua, vitreous jadi kurang kencang, menyusut dan lambat laun menarik retina dan merusak mata.

Mata berkunang juga menandakan adanya PVD yang menyebabkan pengidapnya melihat sejenis garis cahaya di salah satu penglihatannya. 4. Darah Rendah Mata yang berkunang juga bisa menjadi pertanda tekanan darah rendah secara tiba-tiba yang dapat menghambat pasokan darah ke otak. Masalah kesehatan ini juga rentan dialami orang yang berbaring dalam waktu yang lama dan mendadak berdiri. Penyebab mata berkunang-kunang biasanya enggak berbahaya tetapi, jika merasakan gangguan penglihatan segera periksakan ke dokter, ya! Itulah beberapa pertanda penyakit akibat mata yang berkunang-kunang, salah satunya pernah mengalami cedera.

Baca Juga: Alasan Mengapa Bulu Mata Atas Lebih Panjang dari yang Bawah #AkuBacaAkuTahu

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.