Find Us On Social Media :

Jangan Lagi Jemur Pakaian dalam Ruangan, Inilah 5 Dampaknya bagi Kesehatan

Menjemur pakaian dalam ruangan ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

 

GridKids.id - Kids, belakangan ini kita sering merasakan cuaca yang enggak menentu di sebagian wilayah di Indonesia.

Terkadang kita merasakan terik yang panas dan segera bergegas untuk menjemur pakaian. Tetapi terkadang setelah menjemur baju, hujan tiba-tiba turun yang membuat kita harus segera mengangkat pakaian. Agar pakaian tetap kering, sebagian orang akan menjemurnya di dalam ruangan.

Menjemur pakaian di dalam ruangan memiliki banyak manfaat seperti enggak perlu sibuk berlarian untuk mengangkat pakaian saat hujan turun. Selain itu, kita juga enggak perlu mencuci kembali pakaian yang terjatuh saat hujan.

Meski begitu, menjemur pakaian dan ruangan juga menimbulkan aroma yang enggak sedap pada pakaian. Menjemur pakaian dalam ruangan juga ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan, lo. Apa saja dampak menjemur pakaian di dalam ruangan? Yuk, segera cari tahu di sini!

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Ini Cara Membersihkan Noda yang Menempel di Pakaian

1. Menyebabkan pneumonia

Pneumonia bisa menyebabkan sinusitis, bronkitis dan masalah pernapasan lainnya. Pneumonia ini juga dikenal sebagai paru-paru basah yang mana pengidapnya akan merasakan nyeri dada, napas berat, demam hingga jantung berderbar.

2. Memicu alergi

Pakaian yang dicuci dengan detergen dan lelembut pakaian mengandung zat kimia asetildehida. Zat tersebut akan membuat udara menjadi enggak sehat dan meningkatkan risiko alergi yang bersifat karsinogenik. Bagi yang mengidap penyakit asma, hal ini dapat memicu asma kambuh. 3. Kanker Enggak hanya memicu alergi, zat kimia asetildehida di dalam detergen dan pelembut pakaian juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga: Segera Singkirkan, Ternyata 4 Jenis Serangga Ini Dapat Merusak Pakaian di Lemari

Zat kimia yang mengandung konsentrasi tinggi dapat menimbulkan kanker. 4. Timbul jamur Menjemur pakaiam basah dalam ruang tertutup juga meningkatkan kelembapan ruang hingga 30 persen. Ruang yang lembap akan memancing jamur dan tungau yang terus berkembang biak. Saat bernapas, orang yang berada dalam ruangan tersebut akan menghirup udara lembap dan akan masuk ke dalam saluran pernapasan. Nah, itu dia beberapa dampak menjemur pakaian di dalam ruangan yang ternyata dapat memengaruhi kesehatan tubuh kita.

Baca Juga: Jangan Lakukan Lagi, Inilah 4 Kesalahan Menjemur Pakaian yang Sering Dilakukan