Find Us On Social Media :

Alami Biduran? Pakai 5 Cara Alami Ini yang Ampuh untuk Menghilangkannya

Kulit gatal karena biduran dapat diatasi dengan cara alami.

 

GridKids.id - Kids, apakah kamu pernah mengalami biduran?

Biduran merupakan benjolan ruam kemerahan yang ada pada kulit dan juga disertai gatal-gatal. Biduran adalah masalah kulit yang umum terjadi dan juga disebut dengan urtikaria. Biduran ini cukup mengganggu aktivitas karena disertai gatal kemerahan yang warnanya bisa jadi putih saat ditekan. Penyebab umumnya biasanya karena alergi makanan atau efek samping obat hingga gigitan serangga. Enggak hanya itu saja, biduran juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi bakteri dan virus, penyakit hepatitis dan alergi tanaman tertentu.

Namun kamu enggak perlu khawatir lagi karena ada beberapa cara alami yang dapat menyembuhkan biduran. Apa saja cara alami yang bisa mengatasi biduran? Yuk, cari tahu di sini! 1. Kompres dingin

Baca Juga: Tanpa Efek Samping, Coba 5 Bahan Alami Pengganti Obat yang Bantu Atasi Tenggorokan Gatal

Salah satu cara alami yang dapat mengatasi biduran adalah dengan kompres dingin.

Hal ini mudah dilakukan di rumah dan ampuh meredakan kulit yang iritasi. Caranya cukup mudah dengan mengompres di bagian yang ada biduran. Ambil es batu yang dibungkus handuk lalu oleskan di area biduran selama 10 menit. 2. Hindari produk yang mengiritasi kulit Selain kompres dingin, ada juga cara praktis untuk mengatasi biduran. Yaitu dengan menghindari pemicu alergi dan menghindari produk-produk yang rentan memicu iritasi. Ada beberapa jenis sabun yang bikin kulit kering dan iritasi dan bahkan sangat gatal jika biduran menyerang. Pilihlah sabun khusus untuk kulit sensitif dan pilih sabun yang bebas pewangi serta bahan kimia berbahaya.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Selalu Gatal saat Digigit Nyamuk #AkuBacaAkuTahu

3. Menjaga kondisi tubuh agar tetap dingin Kondisi tubuh yang dingin dapat menghilangkan biduran secara alami. Panas dan kondisi tubuh yang gerah bisa memperparah gatal yang menjadi biduran. Maka dari itu, jagalah suhu di rumah agar tetap sejuk dan nyaman dan jangan berada terlalu lama di bawah sinar matahari. 4. Mandi dengan larutan penghilang gatal

Cara lainnya juga yang cukup ampuh adalah dengan mandi memakai produk penghilang rasa gatal. Bahan seperti oatmeal koloid dan soda kue juga bisa digunakan untuk mandi dan mengurangi gatal biduran. 5. Gunakan obat alami Kamu juga dapat menggunakan obat alami biduran seperti krim yang mengandung witch hazel.

Baca Juga: Mengapa Gigitan Nyamuk Bisa Membuat Kulit Gatal? #AkuBacaAkuTahu

Kandungan tanin di dalam witch hazel bisa membantu meredakan iritasi biduran. Lidah buaya juga dapat menjadi obat alami karena dapat bertindak sebagai antiperadangan yang mengatasi masalah kulit. Nah, itu dia beberapa cara alami yang ampuh mengatasi dan mengobati biduran, salah satunya dengan kompres dingin.

Baca Juga: Kulit Gatal Ternyata Bisa Jadi Tanda Penyakit Kanker, Kenali Gejalanya