Find Us On Social Media :

Pengertian Hewan Invertebrata: Ciri-Ciri dan Manfaatnya untuk Kehidupan, Biologi Kelas 10 SMA

Ubur-ubur atau yang memiliki nama ilmiah scyphozoa.

GridKids.id - Kids, sebelumnya kamu sudah belajar tentang pengertian, ciri-ciri, dan klasifikasi dari hewan vertebrata atau hewan bertulang belakang.

Kali ini kamu akan diajak untuk belajar tentang hewan invertebrata atau avertebrata yang merupakan jenis hewan yang enggak memiliki tulang punggung.

Secara istilah invertebrata adalah bentuk awal dari vertebrata, yang menurut bahasa latin vertebra berarti sendi tulang belakang.

Tambahan in di bagian depan bermakna tanpa atau bukan yang bisa diterjemahkan bukan atau tanpa vertebrae (tulang belakang).

Invertebrata mencakup semua jenis hewan di luar kelompok hewan vertebrata (pisces, aves, reptil, amfibia, dan mamalia).

Sebagian besar kelompok hewan yang ada di muka bumi adalah invertebrata yang merupakan hewan berdarah dingin dengan suhu tubuhnya bergantung dengan suhu atmosfer.

Berikutnya akan dijelaskan tentang ciri-ciri dan manfaat dari hewan invertebrata, nih, Kids. Yuk, simak uraian lengkapnya dalam paparan di bawah ini.

Ciri-Ciri Invertebrata

1. Invertebrata enggak punya tulang endoskeleton yang keras karena kekurangan sistem tulang yang kompleks, beberapa di antaranya cukup lambat dan berukuran kecil di alam.

Baca Juga: Rangkuman Jawaban Organ Gerak Cacing, Belalang, Ubur-Ubur, Kelas 5 SD Tema 1

2. Karena kurang tulang punggung dan sistem sarafnya kompleks invertebrata enggak bisa menempati beberapa lingkungan meski mereka biasa ditemukan di lingkungan yang keras.