Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban Teks Informasi 'Modernisasi Teknologi Transportasi', Kelas 6 SD Tema 9

Kunci jawaban pada teks informasi berjudul 'Modernisasi Teknologi Transportasi', Kelas 6 SD tema 9

GridKids.id - Pada pembahasan materi kelas 6 SD kali ini kita telah sampai pada tema 9.

Nah, GridKids kali ini akan membahas tentang kemajuan transportasi manusia. Transportasi digunakan oleh manusia agar mempermudah segala aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Namun zaman dulu, transportasi manusia masih menggunakan tenaga hewan sebagai penggeraknya. Alat transportasi yang menggunakan hewan kini telah berkurang jauh, Kids. Bahkan kita bisa mengembangkan alat transportasi yang memanfaatkan sinar matahari sebagai bahan penggeraknya. Dengan adanya kemajuan teknologi ini, transportasi semakin berkembang pesat bagi manusia.

Manusia dapat melakukan perpindahan atau mobilisasi dengan lebih cepat dan akan berdampak bagi kehidupan bermasyarakat.

Agar kamu dapat lebih memahaminya lagi, kamu bisa membaca teks informasi setelah itu temukan kunci jawabannya.Baca Juga: Materi Kelas 6 SD Tema 8: Apa Penyebab Terjadinya Perbedaan Waktu?

Teks Informasi 'Modernisasi Teknologi Transportasi'  Transportasi masa kini telah menunjukkan kemajuan yang pesat baik transportasi darat, air, dan udara. Sarana dan prasarana transportasi semakin lengkap dan baik. Sarana transportasi berupa alat angkutan, seperti sepeda motor, mobil, kereta api, kapal, dan pesawat terbang.

Prasarana transportasi adalah penunjang kelancaran pengangkutan antara lain jalan, jembatan, terminal, stasiun, lapangan terbang, dan pelabuhan.  Transportasi atau angkutan pada masa lalu awalnya menggunakan tenaga manusia. Contohnya dengan cara dipikul, digendong atau didorong. Lalu berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti kuda, keledai, dan gajah. Alat transportasinya sederhana, baik transportasi darat maupun transportasi air. 

Alat transportasi darat semula menggunakan tenaga manusia, seperti sepeda, becak, dan gerobak dorong. Kemudian berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti pedati ditarik sapi, delman ditarik kuda, dan sebagainya. Transportasi laut yang menggunakan tenaga alam atau angin, yaitu perahu layar. Transportasi laut yang menggunakan tenaga manusia, misalnya rakit dan perahu dayung.  Transportasi daratAlat transportasi tradisional umumnya tidak bermesin. Contohnya, antara lain sepeda, becak, cikar dan gerobak. Sepeda, becak dan cikar dapat digunakan sebagai alat angkutan barang dan penumpang. Sedangkan gerobak digunakan untuk alat angkutan barang. Alat angkutan darat tradisional pada umumnya hanya melayani pengangkutan jarak dekat.  Alat angkutan darat modern pada umumnya menggunakan mesin dengan kekuatan dan kemampuan yang berbeda-beda. Alat transportasi modern terdiri atas kendaraan penumpang dan kendaraan angkutan barang. Kendaraan penumpang seperti sepeda motor, bemo, mobil, bus, dan kereta api. Baca Juga: Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 Tema 7: Unsur-Unsur dalam Teks Pidato

Sedangkan kendaraan angkutan barang, antara lain, truk, truk tangki, kereta api barang, dan mobil boks. Alat angkutan darat modern dapat melayani pengangkutan jarak dekat maupun jarak jauh, seperti antarkota dan antarprovinsi. Perusahaan negara yang melayani angkutan darat yaitu PT DAMRI (Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia) dan PT KAI (Kereta Api Indonesia) Persero. 

Contoh Soal dan Jawaban 1. Setelah membaca teks informasi di atas, temukan apa saja perbedaan antara transportasi dulu dan sekarang! Jawab: - Tenaga Penggerak Transportasi darat sebelum modernisasi yaitu hewan dan manusia. Transportasi darat sesudah modernasisasi yaitu berbahan bakar minyak, listrik dan tenaga matahari. - Fungsi Transportasi darat sebelum modernisasi, sebagai alat transportasi dan juga alat mengangkut barang. Baca Juga: Contoh Penerapan Sila Ketiga Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari, Kelas 6 SD

Transportasi darat sesudah modernisasi, sebagai alat transportasi dan alat mengangkut barang. Itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 yaitu kunci jawaban pada teks informasi berjudul 'Modernisasi Teknologi Transportasi'.Baca Juga: Membaca Cerita Fiksi 'Kesempatan yang Hilang' serta Kunci Jawabannya, Kelas 6 SD Tema 9

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.