Find Us On Social Media :

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenis Primordialisme dalam Masyarakat

Primordialisme tumbuh dalam diri tiap individu yang tumbuh dalam lingkungan tertentu dalam masyarakat.

GridKids.id - Kids, kamu tentunya sudah tahu bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki keberagaman suku, etnis dan budaya.

Di antara masyarakatnya terdapat ikatan primordial yang membuat mereka menjunjung tinggi nilai dan norma hingga kebiasaaan yang bersifat kesukuan.

Ikatan ini memiliki sifat bawaan seperti kekerabatan, kesukuan, kelompok, hingga agama dan bisa dilihat pada hubungan kekerabatan dalam masyarakat yang sifatnya tradisional.

Jika tiap anggota dalam masyarakat punya orientasi yang sama dan mementingkan kepentingan bersama atau kelompok, maka itu bisa dijadikan cerminan perilaku primordialisme.

Primordialisme ini biasanya diwujudkan dalam kelompok-kelompok masyarakat yang menjalankan sistem atau norma nilai adat yang sudah ada sejak zaman dulu.

Aturan nilai dan norma yang mengikat para anggotanya ini membuat kelompok ini disebut sebagai primary group.

Mereka menganggap diri mereka dan sesama anggota kelompoknya sebagai in group (kelompok dalam).

Sedangkan mereka melihat orang-orang di luar kelompok mereka sebagai out group (kelompok luar).

Menurut Stephen K. Sanderson, primordialisme erat kaitannya dengan studi etnisitas yang menyebutkan bahwa identitas etnis sebagai hal yang melekat dalam individu akan sulit dihapuskan.

Baca Juga: Penyebab Keberagaman Indonesia, Materi PPKn Kelas 7 Tabel 4.1

Selanjutnya akan diuraikan tentang ciri-ciri dan jenis dari primordialisme dalam masyarakat. Yuk, simak uraian lengkapnya sama-sama, Kids.

Ciri-Ciri Primordialisme