Find Us On Social Media :

Peranan Imigrasi dan Jenis-Jenis Pelanggaran Keimigrasian, IPS Kelas 8

Tanda kedatangan yang tercatat oleh Imigrasi sebuah negara yang dibubuhkan pada paspor.

GridKids.id - Kids, sebelumnya kamu sudah belajar tentang pengertian dan faktor-faktor yang memengaruhi seseorang melakukan kegiatan imigrasi.

Untuk sedikit mengingatkanmu, imigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain yang dilakukan oleh seseorang yang disebut dengan imigran.

Dari beberapa faktor yang memengaruhi, faktor ekonomi dan taraf hidup adalah salah satu faktor utama seseorang memilih untuk meninggalkan negaranya dan menetap untuk jangka waktu tertentu di negara lain.

Nah, kali ini kamu akan diajak untuk belajar tentang peranan operasional imigrasi dan jenis-jenis pelanggaran keimigrasian yang dilakukan para imigran. Simak uraiannya dalam penjelasan di bawah ini, ya.

Peranan Imigrasi dalam Menjaga Kedaulatan Negara

1. Fungsi Pelayanan Masyarakat

Kantor imigrasi dituntut untuk melakukan pelayanan dalam bidang keimigrasian pada Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA).

Pelayanan untuk WNI meliputi: pemberian paspor, Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP), Pas Lintas Batas (PLB), dan pemberian tanda bertolak atau masuk.

Sedangkan pelayanan WNA meliputi pemberian dan perpanjangan Dokumen Keimigrasian (DOKIM) berupa Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), Kemudahan Khusus Keimigrasian (DAHSUSKIM), perpanjangan visa kunjungan, pemberian izin masuk kembali atau bertolak, pemberi tanda bertolak atau masuk.

Baca Juga: Pengertian Imigrasi dan Faktor-Faktor Penyebabnya, IPS Kelas 8 SMP

2. Fungsi Keamanan