Find Us On Social Media :

Jangan Sepelekan Lagi, Ternyata Ini 3 Penyebab Penyakit Jantung di Usia Muda

(Ilustrasi) Penyebab Penyakit Jantung di Usia Muda

GridKids.id - Kids, seperti yang kita tahu bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berisiko yang harus dihindari.

Penyakit jantung juga kerap dialami anak muda atau orang di usia produktif. Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar (Risdeskas) 2018 menunjukkan bahwa prevelensi penyakit jantung berdasarkan diagnosis dokter di Indonesia menxapai hingga 1,5 persen. Dengan angka kasusnya yang cukup tinggi ini, penyakit jantung sangat berbahaya dan berisiko tinggi di Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan pada 2020 menyampaikan bahwa penyakit ini bukan termasuk penyakit menular dan mengalami pergeseran pola penyakit.

Penyakit tak menular ini dulunya dianggap hanya diidap oleh para orang tua saja tetapi belakangan ini justru banyak dialami oleh anak muda usia 10 hingga 14 tahun. Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit jantung di kalangan anak muda, kamu perlu mengetahui apa saja beberapa penyebabnya. Yuk, langsung saja kita simak di sini! Penyebab Penyakit Jantung di Usia Muda

Baca Juga: Bisa Ancam Nyawa, Ini 6 Tanda Serangan Jantung yang Sering Diabaikan, No 3 Sering Terjadi

Gaya hidup sehat menjadi faktor utama penyebab penyakit jantung dan penyakit tak menular belakangan diidap oleh kalangan usia muda, seperti:

1. Obesitas 2. Kurang mengonsumsi buah dan sayur 3. Kurang melakukan aktivitas gerak atau berolahraga Gaya hidup yang enggak sehat ini menjadi faktor utama yang memicu penyakit jantung. Lalu, bagaimana cara mendeteksi penyakit jantung di usia muda? Jika mendapati beberapa gejala penyakit jantung, harus segera di konsultasikan ke dokter. Dokter akan mendeteksinya dengan cara: 1. Rontgen dada

Baca Juga: Sering Dilewatkan, Ternyata Ini Waktu Tidur yang Baik untuk Jaga Kesehatan Jantung

2. Pemeriksaan fisik 3. Tes darah dan urine 4. Kateterisasi jantung 5. Pemeriksaan fisik 6. Ekokardiografi 7. Elektrokardiografi (EKG Jika ada indikasi masalah kesehatan, cara mengobatinya harus disesuaikan dengan gejala, usia dan kesehatan umum hingga keparahan penyakit jantung.

Itulah beberapa penyebab penyakit jantung di usia muda serta cara mendeteksinya dengan mengonsultasikannya ke dokter.

Baca Juga: Benarkah Tidur Lebih Nyenyak Jika Sambil Mendengarkan Musik? Ini Penjelasannya

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.