Find Us On Social Media :

Cara Menyimpulkan Isi Teks Bacaan serta Contohnya, Materi Kelas 6 SD

Cara Menyimpulkan Isi Teks Bacaan serta Contohnya, Materi Kelas 6 SD

GridKids.id Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini kita akan bahas tentang cara menyimpulkan isi teks serta contohnya.

Tiap kali kita membaca sebuah teks, kita dapat mengambil kesimpulan yang ada dalam bacaan tersebut. Simpulan adalah mengambil sebuah intisati dari bacaan atau ide pokok kemudian menyusunnya menjadi pernyataan dengan menggunakan bahasa sendiri. Ide pokok menjadi bahasan utama dalam sebuah paragraf yang juga menjadi dasar untuk pengembangan paragraf. Lalu, bagaimana cara menyimpulkan informasi dari sebuah teks nonfiksi? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini! 1. Menemukan Fakta Utama

Cara pertama untuk menyimpulkan informasi dari sebuah teks nonfiksi yaitu menemukan fakta utama dan hal-hal yang sudah diketahui. Seperti contoh berikut ini: Udara terasa panas. Angin berembus menggoyangkan pohon kelapa yang menjulang tinggi. Aroma asin tercium begitu dekat. Ombak pun bergulung menuju ke tepian hingga akhirnya pecah.Baca Juga: Sejarah dan Mengenal Sultan Hamid II Perancang Lambang Garuda Pancasila

Dari teks di atas kita dapat menemukan berbagai fakta utama yaitu udara panas, pohon kelapa, aroma garam dan ombak yang terpecah.

Bermodalkan fakta utama dan hal-hal yang doketahui, kita bisa menyimpulkan bahwa tempat yang dimaksudkan adalah pantai. 2. Menemukan Kalimat Simpulan Di setiap paragraf pasti memiliki kalimat utama yang terletak di awal, akhir maupun di awal dan akhir dari sebuah paragraf. Paragraf kalimat utamanya tertelak di akhir paragraf sekaligus jadi simpulan dan dari paragraf tersebut. Perhatikan contoh berikut ini: Kertas menjadi bahan dasar utama pembuatan kipas lipat. Untuk memudahkan membuat kipas lipat, kita juga membutuhkan penggaris. Pewarna dan alat tulis juga kita perlukan untuk menambah hiasan pada kipas yang kita buat. Jadi, alat dan bahan untuk membuat kipas lipat adalah kertas, penggaris, dan alat tulis.

Paragraf di atas memiliki kalimat utama di akhir paragraf dengan ditandai kata "jadi" yang menjadi simpulan paragraf. Selain itu ada juga kata lain yang bisa dijadikan sebagai kalimat simpulan seperti oleh karena itu, oleh sebab itu, dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dan oleh karenanya.

Baca Juga: Penjelasan Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan, Materi Kelas 6 SD

3. Menemukan Jawaban dari Ide Pokok Cara yang selanjutnya adalah dengan menemukan ide pokok dari sebuah paragraf. Ide pokok terdapat di kalimat utama dalam paragraf tersebut. Untuk mencari simpulan dengan cara ini yaitu dengan membaca bacaan dengan cermat, temukan kalimat utama dan tentukan ide pokok lalu simpulkan dengan bahasa sendiri berdasarkan jawaban dari teks bacaan. Seperti contoh di bawah ini: Makanan pokok merupakan makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Contoh makanan ini adalah nasi, ketela, gandum, kentang, dan jagung. Setiap daerah memiliki makanan pokok yang berbeda. Karbohidrat diperlukan untuk mendapatkan tenaga.

Kalimat yang ada pada paragraf di atas adalah “Makanan pokok merupakan makanan yang banyak mengandung karbohidrat”. Dan yang menjadi ide pokoknya adalah "Makanan pokok". Simpulan dari paragraf di atas adalah makanan pokok yang diperlukan untuk mendapat tenaga. Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD, yaitu cara menyimpulkan isi teks serta contohnya yang mudah dipahami.

Baca Juga: Apa Saja Dampak dari Penemuan Galileo Galilei pada Kehidupan Manusia? Kelas 6 SD

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.