Find Us On Social Media :

5 Negara yang Memiliki Garis Pantai Terpanjang di Dunia, Kelas 6 SD

Negara-Negara yang Memiliki Garis Terpanjang di Dunia, Materi Kelas 6 SD

GridKids.id - Kids, kali ini kita akan membahas materi tematik kelas 6 SD yaitu negara-negara dengan pantai terpanjang. Sebelum masuk ke pembahasannya, kamu harus tahu dulu apa itu garis pantai.

Garis pantai merupakan garis pemisah antara daratan dan lautan. Nah, tiap pantai-pantai yang ada di dunia pasti memiliki panjang garis pantai yang berbeda. Perbedaan ini dapat dipengaruhi oleh faktor geografis dan faktor alam di suatu wilayah. Ada beberapa negara di dunia yang memiliki garis pantai terpanjang. Negara mana sajakah itu? Yuk, kita cari tahu di sini!

1. Kanada Negara yang tercatat memiliki garis pantai terpanjang di dunia adalah Kanada.

Baca Juga: Sejarah dan Mengenal Sultan Hamid II Perancang Lambang Garuda Pancasila

Diketahui, panjang dari garis pantai Kanada mencapai 202.080 kilometer atau setara dengan 125.567 mil.

Garis pantai di Kanada terbentang luas d Kanada yang terbentang dari bagian barat Samudra Pasifik, bagian timur Samusra Atlantik dan bagian utara Samudra Arktik. Hampir pada sebagian besar provinsi dan wilayah teritori Kanada punya garis pantai dengan tipe dan karakteristik yang berbeda. 2. Indonesia Negara kita Indonesia juga merupakan negara kedua yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia dengan panjang 95.181 kilometer. Tiap pantai di Indonesia punya tipe dan karakteristik garis pantai berbeda karena dipengaruhi oleh faktor alam dan campur tangan manusia. Contohnya seperti di sepanjang Pulau Kalimantan yang dapat ditemui dengan keberagaman hutan bakau yang subur. Di sepanjang pantai utara Jawa dan barat daya Sulawesi juga dapat ditemui budidaya tambak udang yang dijalankan oleh masyarakat sekitar. 3. Norwegia

Baca Juga: Penjelasan Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan, Materi Kelas 6 SD

Norwegia memiliki garis terpanjang ketiga di dunia dengan panjang 58.133 kilometer.

Bentuk garis pantai di Norwegia cenderung enggak beraturan dan berlekuk karena ada banyak pulau di sepanjang garis pantainya. Sebagian besar penduduk Norwegia banyak yang bermukim di sekitar pantai. Garis pantai Norwegia juga jadi salah satu destinasi wisata dengan pemandangan yang indah. 4. Rusia Rusia memiliki garis sepanjang 37.653 kilometer yang terbagi dengan bagian timur Samudra Pasifik, bagian barat Samudra Atlantik, bagian utara Samudra Arktik dan Laut Baltik, Laut Hitam, Laut Kaspia dan bagian barat daya Laut Azof. 5. Filipina

Filipina merupakan salah satu negara kepualauan di Asia Tenggara yang memiliki sebanyak 7.641 pulau. Filipina juga termasuk ke dalam negara dengan garis pantai terpanjang di dunia tang mencapai 36.289 kilometer. Bentuk garisnya juga enggak teratur dan mayoritas berbentuk pulau kecil dan teluk. Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD yaitu negara-negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia, salah satunya ada di Indonesia.

Baca Juga: Apa Saja Dampak dari Penemuan Galileo Galilei pada Kehidupan Manusia? Kelas 6 SD

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.