Find Us On Social Media :

4 Dampak Adanya Penjajahan Bangsa Belanda di Indonesia

Potret Pelabuhan Batavia pada 1790. [KITLV 52N19]

GridKids.id - Penjajahan Belanda di Indonesia meninggalkan beragam dampak bagi struktur sosial masyarakat.

Terdapat dampak penjajahan hingga meninggalkan berbagai warisan budaya.

Namun, dari semua proses yang kelam itu, ada beberapa dampak positif yang ditinggalkan selama masa penjajahan pemerintah Kolonial Belanda di tanah air.

Yuk, cari tahu penjelasannya dalam uraian di bawah ini, Kids.

1. Bidang Sosial dan Budaya

Dengan datangnya kekuasaan kolonial maka mulai terjadi pergantian kekuasaan yang sebelumnya bercorak feodal di Nusantara.

Raja dan kerabatnya memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat, hal ini lalu berubah karena posisi mereka kemudian ditempatkan sebagai lembaga yang bekerja sama dengan pemerintah kolonial Belanda.

Secara enggak langsung, hal ini menunjukkan pergeseran posisi raja dan pejabat kerajaan di mata rakyat.

Meski pada kenyataannya rakyat tetap menganggap raja sebagai orang yang paling dihormati, keberadaan pemerintah kolonial menegaskan bahwa ada kekuatan lain di luar kerajaan yang memiliki kekuasaan untuk memaksa kerajaan untuk mendukung segala kebijakan yang diterapkannya.

Baca Juga: Perkembangan Masyarakat Jawa pada Masa Kolonial, IPS Kelas VII SMP

Seiring perkembangannya, rakyat biasa yang tadinya terpaku dan enggak bisa berkembang bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan kelas sosial yang lebih tinggi lewat jalur pendidikan.

Hal ini menunjukkan adanya pengaruh budaya dan adaptasi gaya hidup Barat, untuk bisa bergaul dengan kelas sosial lainnya tentu rakyat perlu melakukan penyesuaian diri.