Find Us On Social Media :

Penyebab Terjadinya Revolusi Prancis dan Dampaknya Bagi Dunia

Menara Eiffel, Paris.

GridKids.id - Kids, kali ini kamu akan diajak untuk belajar tentang revolusi Prancis.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), revolusi adalah perubahan ketatanegaraan (pemerintahan atau keadaan sosial) yang dilakukan dengan kekerasan (seperti perlawanan bersenjata).

Revolusi Prancis terjadi pada 1789-1799 yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte, revolusi ini merupakan salah satu revolusi besar dunia yang mengubah tatanan hidup masyarakat di Prancis, yang nantinya juga berpengaruh pada dunia.

Dampak yang ditimbulkan oleh revolusi ini juga akhirnya membawa perubahan untuk dunia lewat perkembangan sejarah modern.

Penyebab Terjadinya Revolusi Prancis

Revolusi Perancis bisa dimulai dengan pemerasan berupa aturan pembayaran pajak yang enggak masuk akal untuk menutupi kerugian karena perang tujuh tahun (Seven Year's War) yang terjadi pada 1756-1763.

Perang tujuh tahun menyebabkan Prancis kehilangan wilayah teritori dan koloninya di Amerika.

Ketika itu, pemerintahan feodal Prancis membagi masyarakat menjadi tiga kelas, yaitu raja dan bangsawan (golongan pertama), tuan tanah dan pemuka agama (golongan kedua), dan rakyat biasa (golongan ketiga).

Pembagian kelas ini berpengaruh pada kebijakan pajak yang dikeluarkan pemerintah, hanya golongan ketiga atau rakyat biasa yang diharuskan membayar pajak pada negara.

Baca Juga: Pengertian Kolonialisme dan Dampaknya di Bidang Politik dan Ekonomi, Materi Sejarah Kelas 11 SMA

Sedangkan dua golongan di atasnya dibebaskan dari kewajiban bayar pajak.