Find Us On Social Media :

Banyak Ditakutkan Oleh Pelajar, Benarkah Ada Fobia Terhadap Matematika?

Ilustrasi seseorang mengerjakan soal matematika di papan tulis.

GridKids.id - Kids, apakah kamu salah satu yang merasa bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan bikin pusing ketika mencoba mengerjakannya?

Kamu enggak sendirian, karena banyak orang yang merasakan hal serupa jika dihadapkan dengan matematika yang berkaitan dengan banyak rumus.

Namun, meski begitu matematika adalah salah satu pelajaran yang penting dan akan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Tahukah kamu bahwa ada beberapa orang yang memiliki ketakutan berlebihan jika berhubungan dengan matematika?

Fobia ini dikenal dengan istilah Mathophobia, yaitu fobia yang membuat seseorang merasakan perasaan cemas dan takut berlebihan yang membuat mereka jadi punya pandangan buruk terhadap matematika.

Sejak kecil kamu sudah dikenalkan dengan matematika juga angka-angka, dan semakin kamu naik ke tahapan kelas yang lebih tinggi, tingkat kesulitannya akan semakin tinggi juga.

Hal ini perlahan menumbuhkan perasaan takut pada matematika jika enggak berhasil memahami materi atau menyelesaikan soal yang diminta.

Perasaan takut yang timbul setiap kali berhadapan dengan matematika ini bisa menyebabkan seseorang menjadi meragukan kemampuan dirinya sendiri dan berakhir enggak mencoba sama sekali untuk mengatasi kesulitannya.

Fobia pada matematika bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya guru atau pengajar di sekolah.

Baca Juga: Mengenal Thalassophobia, Ketakutan Berlebih pada Hamparan Lautan Luas

Penyebab Munculnya Fobia pada Matematika