Find Us On Social Media :

Mengenal Thalassophobia, Ketakutan Berlebih pada Hamparan Lautan Luas

Ilustrasi berenang di lautan luas.

GridKids.id - Kids, hamparan samudera luas berwarna biru biasanya menimbulkan perasaan tenang dan damai bagi siapa saja yang melihatnya.

Namun, ternyata hal tersebut enggak berlaku bagi orang-orang yang memiliki fobia terhadap laut atau perairan luas yang kedalamannya tak terukur. Dalam istilah medis, fobia ini dikenal dengan nama thalassophobia.

Istilah thalassophobia berasal dari bahasa Yunani yaitu "thalassa" yang artinya laut, dan "phobos" yang artinya ketakutan.

Orang-orang yang menderita thalassophobia akan merasa sangat takut dan merasa cemas jika melihat laut atau samudera luas.

Kondisi fobia ini bisa membuat seseorang enggan pergi ke pantai atau bepergian menggunakan alat transportasi yang melewati laut.

Berbeda dengan aquaphobia yang memang punya rasa takut berlebihan pada air, thalassophobia punya ketakutan berlebihan yang spesifik pada bagian air yang tampak luas dan gelap.

Rasa takut berlebihan itu timbul dari pikiran-pikiran bahwa di dalam laut dan samudera yang luas dan gelap itu ada hal-hal mematikan dan berbahaya di dalamnya.

Tanda-tanda dan gejala thalassaphobia

Fobia terhadap laut bisa menimbulkan kecemasan dan ketakutan yang bisa tampak secara fisik maupun emosional.

Baca Juga: Kondisi Unik, Mengenal Fobia Terhadap Kata-Kata Panjang #AkuBacaAkuTahu

Biasanya rasa takut berlebihan akan muncul ketika orang yang memiliki thalassophobia ini naik kapal laut atau naik pesawat terbang.