Find Us On Social Media :

Enak dan Sehat, Inilah 5 Jenis Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat bisa meningkat karena asupan makanan yang kurang sehat.

GridKids.id - Tahukah kamu bahwa kolesterol memiliki dua jenis, yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik?Jika kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh meningkat dan kadar kolesterol baik menurun, tubuh kita akan mengalami penyumbatan arteri. Hal ini harus ditangani dengan cepat karena penyumbatan arteri dapat membuatnya jadi pecah dan memicu serangan jantung. Selain itu, kolesterol jahat dapat meningkat karena asupan makanan yang sering kita makan sehari-hari. Mengpnsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol seperti susu tinggi lemak, daging yang memicu kolesterol jahat terus meningkat. Untuk itu, kamu perlu mengetahui apa saja jenis makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Apa saja itu? Yuk, kita cari tahu di sini! 1. Alpukat Rutin mengonsumsi buah alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada orang yang obesitas.Baca Juga: Bukan Hanya Bawang Putih, 5 Buah dan Sayuran Murah Meriah Ini Dapat Turunkan Kolesterol

Kamu bisa mengonsumsi alpukat dengan berbagai olahan hidangan makanan seperti salad atau jus. Alpukat kaya akan asam lemak jenuh tunggal yang membantu meningkatkan kesehatan jantung.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun rendah lemak jenuh kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan kolesterol baik. Enggak hanya itu saja, asupan lemak dari minyak zaitun dapat meningkatkan kesehatan jantung kita. 3. Ikan Ikan memiliki asam lemak omega 3 yang bersifat antiinflamasi dan mengandung lemak tak jenuh ganda. Semua nutrisi pada ikan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Adapun beberapa jenis ikan yang mengandung omega 3 yaitu ikan salmon, ikan tuna, ikan trout dan ikan haring.

Baca Juga: 4 Ikan Tinggi Kolesterol yang Tak Boleh Dikonsumsi Penyandang Kolesterol

4. OatmealOatmeal mengandung serat larut yang juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. Serat larut juga biasa ditemukan dalam kubis Brussel, apel, pir dan kacang merah. Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Konsumsilah lima hingga 10 gram serat larut dalam sehari agar dapat menurunkan kolesterol jahat. 5. Teh Teh hitam atau teh hijau menhandung antioksidan kuat dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Kandungan antioksidan di dalam teh hijau biasanya lebih tinggi karena terbuat dari daun yang enggak difermentasi. Nah, itulah beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh kita.

Baca Juga: Murah Meriah dan Tak Perlu Obat, Atasi Kolesterol Cukup Dengan Ikan Sederhana Ini

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.